Indigo adalah fenomena baru


Indigo, Berbeda Tapi Bukan Kelainan Jiwa
Liputan6.com, Jakarta: Indigo adalah fenomena baru kehidupan manusia yang memiliki ketajaman indra keenam. Kini, kehadiran mereka yang dianggap aneh sudah diterima masyarakat. Bahkan di Jakarta, mulai terbentuk kelompok yang khusus menangani mereka.

Annisa Rania Putri, salah satu anak indigo. Bocah berusia lima tahun ini belum menginginkan belajar di bangku sekolah. Baginya, sekolah bukanlah hal yang menarik. Namun, dia memiliki kemampuan lebih dari anak seusianya. Meski Annisa terlahir dan dibesarkan di Indonesia, dia mampu berbicara bahasa Inggris dengan dialek Amerika Serikat sejak mulai berbicara. Padahal, orang tuanya tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris cukup baik.

Bocah cilik ini memang unik, selain kemampuannya berbahasa asing, dia mampu mengingat hal yang mustahil diingat manusia, seperti bagaimana dirinya dilahirkan. Annisa menganggap kemampuannya sebagai keajaiban dari Tuhan.

Lain lagi dengan Vincent Liong. Remaja yang duduk di bangku kelas dua sebuah sekolah menengah umum ini dikarunia kecerdasan filosofis yang tinggi. Vincent sudah menulis artikel psikologi dan spiritual dalam sudut pandang tak biasa sejak sekolah dasar. Kini bukunya diluncurkan oleh penerbit terkemuka dan dikagumi banyak kalangan. Bahkan, tulisannya pernah dimuat di halaman pembuka buku dari sastrawan terkemuka Indonesia, Pramudya Ananta Toer. Dua karangan filosofis lainnya juga siap beredar.

Vincent juga memiliki situs pribadi yang memuat tulisannya dan tengah dibahas ratusan membernya. Ketekunannya menulis tidak jarang mengundang masalah karena kerap mengkritik kalangan petinggi negara.

Menurut psikiater Tubagus Erwin Kusuma, fisik anak-anak indigo tak jauh berbeda dengan anak lainnya. Hanya batinnya saja yang condong lebih dewasa. Alhasil, anak-anak indigo sering memperlihatkan sifat orang dewasa, sangat cerdas, dan memiliki indra keenam yang sangat tajam. Anak indigo pada umumnya tidak menginginkan diperlakukan sebagai anak-anak. Bahkan tidak jarang mereka sering memberi nasihat kepada orang tua masing-masing.

Tubagus menambahkan, indigo bukanlah penyakit atau kelainan jiwa. Kendati demikian, ada yang menganggap fenomena indigo sebagai kelainan jiwa. Akibatnya penanganannya sering kali salah yang akan berdampak penderitaan sang anak. “Kalo bisa konsultasi untuk menghadapi anak-anak ini [indigo],” ujar Tubagus.

Pernyataan Tubagus diamini Rosini, indigo dewasa sekaligus pembimbing anak-anak indigo. “Ketika di masa anak-anak pemahaman spiritual sudah matang tapi belum diikuti penalaran,” kata Rosini. Menurut dia, tugas orang dewasa untuk membimbing anak-anak itu agar penalaran dengan spiritualnya seimbang.

Sedangkan pemerhati masalah indigo Noorjanah Malik Fajar berharap, orang tua anak indigo memahami karakter anak tersebut. Di antaranya dengan mengikuti relaksasi. Dengan cara ini, orang tua akan memahami kondisi spiritual anak indigo agar tidak menganggap anaknya mengidap kelainan kejiwaan.(DNP/Yosie Harria, Hendro Wahyudi dan Taufik Maru)http://www.liputan6.com/news/?id=82624.

About these ads
Comments
13 Responses to “Indigo adalah fenomena baru”
  1. Putri mengatakan:

    Kurang banyak nih info tentang indigonya..

    pls visit: http://toysworld.multiply.com
    (mainan edukasi untuk bayi sampai anak-anak)

    thx.

    #Thx boleh sekali2 kita tukeran link atau artikel..>? :)

  2. josh mengatakan:

    kalu bisa liat mahluk halus/orang mati ribuan taun lalu trus bisa ngobrol/diskusi termasuk apa ya ? karena aku pernah ngalaminya….serem seh

  3. mblunat mengatakan:

    apakah orang-orang paranormal berasal dari anak-anak / orang dewasa yg masuk kategori indigo ini, karena setahu saya paranormal ini pasti memiliki kelebihan spt kelompok indigo ini

  4. ANDREA mengatakan:

    waduh… jangan2 aku indigo juga…

  5. jak mengatakan:

    asslamu’alaikum.
    saya punya teman yang mengaku dirinya indigo, katanya ada makluk halus yang terdapat di tubuhnya, makluk ini sudah ada sejak kecil
    teman saya ini bisa membaca pikiran orang dan tatapannya serem banget.
    klo menurut saya sih indigo datangnya dari setan yang mempengaruhi manusia. ga’ tau juga deh

  6. hendri mengatakan:

    salam kenal
    saya cuma ingin mengenal lebih jauh dan tau lebih jauh mengenai indigo sindrom jika ada yang bisa membantu saya mohon mengontak sya via email ke alamat email saya : hendri170682@yahoo.co.id

  7. miaw mengatakan:

    knapa ank indigo seperti saya hanya disudut kan di kaum yg menaggap inteligen nya tingi …??? apakah kmi berbeda dgn mreka???? WHY…???

    • frzz mengatakan:

      nyantai aja , indigo yah klo emank anugrah atau kutukan , i dont care, saat kita sadar akan hal itu kita bisa menjalaninya dan menikmatinya , yah bagi yang memilikinya manfaatkan tanpa harus tertekan , bila tidak digunakan sembunyikan!!!! …. …., untuk orang2 tertentu bisa merasakan atau sesama indigo, tapi mungkin hanya orang tertentu saja yang bisa menyembunyikannya

  8. frzz mengatakan:

    nyantai aja , indigo yah klo emank anugrah atau kutukan , i dont care, saat kita sadar akan hal itu kita bisa menjalaninya dan menikmatinya , yah bagi yang memilikinya manfaatkan tanpa harus tertekan , bila tidak digunakan sembunyikan!!!! …. …., untuk orang2 tertentu bisa merasakan atau sesama indigo, tapi mungkin hanya orang tertentu saja yang bisa menyembunyikannya

  9. shabrina qisthi mengatakan:

    mengapa banyak yg bilang warna aura anak indigo nila?? tapi stiap kali aku baca ada yg bilang ungu dan jga ada yg bilang biru,

  10. shabrina qisthi mengatakan:

    ha’ barusan aku baca ciri ciri anak indigo di atas, di depan ortu, trus kata ibu ku itu qisthi bngt.. karna waktu aku SD sempet 2 kali di panggil orang tuaku karena kenakalan ku di luar batas… coz aku paling gak suka di suruh suruh. dan di beri tugas yg harus menguras otak bgt.. aku lebih suka praktek. kata stiap org dan ortu ku sendiri aku anak yg paling kreativ dri pda smua adik ku cuma pemales yg super gila,, tapi lebihnya dari aku aku itu ya kreatif dan berpikiran yg dewasa. tempat menyimpan rahasia yg paling tertutup kata tmn ku jga.. jadi siapa saja senang jika bermain bersamaku. tapi aku bingung, yang bnr warna aura anak indigo itu apa?? yg bnr..

  11. anonimous mengatakan:

    saya hanya mau sedikit bertanya apakah anak yang memiliki temen dari dunia lain adalah indigo
    sebab saya juga pernah merasakannya tetapi saya lupa wajahnya tetapi saya sudah bermain denganya selama 3 tahun,tetapi setelah saya ke tempat yang menurut saya angker tiba-tiba semua keinginan saya ter jadi dan setelah itu teman saya hilang sampai sekarang apakah itu salah satu indigo juga????

  • UFOnesia Twitter

    • @PreJasin @TweetMiliter Wow, boleh minta foto asli tanpa editing? dan bisa gambarkan kronologinya..? Terimakasih :) 1 week ago
    • Acara nya sendiri bertempat di Cafe Selasih Jl.Cikutra dari jam 5 sore sampai selesai. Ayo yg di Bandung yg ingin tahu kegiatan kami dtg ya! 2 months ago
    • Selamat malam Sahabat UFONESIA, Hari minggu Regional Bandung bakal ngadain 'Gathering Akhir Bulan'. Yang mau ikut bisa hub Yogi 087728266908 2 months ago
    • Selamat Ulang Tahun Indonesia #HBDIndonesia 2 months ago
    • @Redi_MCR sudah mas tadi malam. Untuk info Gathering selanjutnya bisa hub. Kang Yogi (087728266908). 2 months ago
  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: