Reinkarnasi Menurut Islam


Pertanyaan:

Perkenalkan, saya anggota milis Dzikrullah, cuman pengen nanya per japri … berkaitan dengan roh & jiwa, kita memang terbatas sekali pengetahuan tentang roh, dan memang sesuai firman Allah kita diberi pengetahuan ttg roh sedikit sekali (mungkin hamba Allah yang terpilih sajalah yang bisa tahu lebih banyak).

Dalam agama lain mengenal tentang adanya reinkarnasi, bagaimana menurut Islam Pak??? Setahu saya di Quran dan Hadits tidak dijelaskan ttg reinkarnasi dan juga tidak membantahnya. Apakah bener begitu??? Mohon koreksi & penjelasan jika ini keliru.

Terima kasih banyak Pak..

Wassalamualaikum…
Rafiudayyin
Surabaya

Jawaban:

From: sangkan <patrap1@yahoo.com>
Date: Tue Oct 10, 2000 6:00am
Subject: RE: Reikarnasi u/ Sdr. Rafiudayyin

Assalamu’alaikkum warahmatullahi wabarakaatuh

Sdr. Rafiudayyin & anggota Dzikrullah Yth,

Saya akan bercerita tentang pemahaman reinkarnasi agar kita menjadi jelas :

“Seperti halnya seseorang mengenakan pakaian baru, dengan meninggalkan pakaian lama, begitu pula, sang roh menerima badan-badan jasmani yang baru, dengan meninggalkan badan-badan tua yang tidak berguna lagi” (Bhagavad-gita 2.22)

Srimad-Bhagavatam, tersusun tiga ribu tahun sebelum masa ovid, berisi cerita istimewa berikut yang mengungkapkan prinsip-prinsip reinkarnasi dalam pelaksanaan dengan cara mengesankan. Maharaja Bharata, seorang raja yang mulia dan suci di India, terpaksa menjelma satu kali didalam badan sesekor rusa sebelum mencapai bentuk manusia lagi karena ikatan yang sangat keras terhadap seekor rusa.

Maharaja Bharata adalah seorang Maharaja yang bijaksana dan berpengalaman, dan orang dapat berpikir bahwa dia akan memerintah selama beratus-ratus tahun, tetapi pada waktu beliau masih muda, beliau melepaskan ikatan terhadap segala sesuatu –permaisuri, keluarga, dan kerajaan yang luas, lalu dia pergi kehutan. Dengan melakukan demikian, beliau mengikuti nasehat para resi yang mulia dari jaman purbakala, yang menganjurkan supaya orang mempersembahkan bagian terakhir dari hidupnya untuk keinsyafan diri.

Maharaja mengetahui bahwa jabatannya sebagai seorang raja yang besar bukanlah kedudukan yang kekal, karena itu, beliau tidak berusaha duduk diatas tahta kerajaan sampai meninggal. Bagaimanapun juga, badan raja pun akhirnya menjadi abu, debu atau makanan untuk ulat dan binatang yang lain. Tetapi didalam badan ada roh yang tidak termusnahkan, sang diri yang sejati. Melalui proses Yoga sang diri dapat disadarkan terhadap identitas rohaninya yang sejati. Setelah sang roh menjadi sadar akan identitas rohaninya yang sejati, ia tidak perlu menjalani masa tahanan lagi didalam badan jasmani.

Maharaja mengerti tujuan hidup yang sejati, yakni membebaskan diri dari peredaran reinkarnasi, karena itu beliau berjalan ke tempat suci bernama pulaha asrama, dikaki pegunungan Himalaya, disana bekas raja itu tinggal sendirian di hutan di tepi sungai Gandaki. Maharaja tidak memakai pakaian kerajaan lagi melainkan dia hanya memakai pakaian terbuat dari kulit rusa.

Pada suatu hari, Bharata sedang bersemadi dekat tepi sungai, lalu seekor rusa betina datang kesana untuk minum air. Pada saat rusa betina itu sedang minum air, tiba-tiba ada seekor harimau dihutan dekat tempat itu, mengaum dengan keras. Rusa itu sedang bunting, dan begitu dia dengar takut sekali, untuk kemudian melompat dan berlari dari sungai, seekor anak rusa gugur dari kandungannya jatuh kedalam air yang mengalir cepat. Rusa betina itu gemetar karena merasa takut dan lemah karena keguguran. Rusa betina itu kemudian masuk goa, dan beberapa waktu kemudian mati. Bharata melihat anak rusa itu terapung di sungai, dan dia merasa kasihan. Bharata mengangkat binatang itu dari air, dan oleh karena dia mengetahui bahwa anak rusa itu tidak mempunyai induk, kemudian dia bawa anak rusa itu ke asramanya. Perbedaan jasmani tidak ada artinya dari segi pandangan seorang rohaniawan yang bijaksana: oleh karena Bharata sudah insyaf akan dirinya, ia melihat semua makhluk hidup dengan pandangan yang sama, dengan mengetahui bahwa roh dan roh yang utama (Tuhan Yang Maha Esa) berada didalam badan semua makhluk. Setiap hari ia memberikan rumput segar kepada anak rusa itu sebagai makanan dan berusaha menyenangkan hatinya. Akan tetapi, sesudah beberapa waktu, ikatan kuat terhadap rusa itu mulai timbul didalam hatinya. Dia berbaring bersama anak rusa itu, berjalan dengan anak rusa, mandi bersama-sama. Apabila dia ingin masuk hutan untuk mengumpulkan buah, bunga dan akar, dia membawa anak rusa itu bersama dirinya. Karena dia takut bahwa kalau anak rusa itu ditinggalkan, anak rusa itu akan dibunuh oleh anjing, serigala atau harimau.

Bharata senang sekali melihat anak rusa itu melompat dan bermain-main di hutan seperti anak. Kadang-kadang dia membawa anak rusa itu diatas bahunya, hatinya begitu penuh dengan kasih sayang terhadap anak rusa itu sehingga dia memangku rusa itu pada waktu siang, dan pada waktu tidur, rusa itu tidur diatas dadanya, setiap hari dia memeluk rusa itu dan kadang-kadang menciuminya. Dengan demikian, hatinya menjadi terikat terhadap rusa itu dalam kasih sayang.

Akan tetapi, walaupun Bharata menyadari pertimbangan tersebut, dia berfikir dalam hatinya, “karena rusa ini telah berlindung kepada saya, bagaimana mungkin saya alpa akan rusa itu? Walaupun rusa itu mengganggu kehidupan saya, saya tidak dapat mengabaikan dia. Kalau saya acuh terhadap makhluk tak berdaya yang telah berlindung kepada saya, maka itu akan menjadi kesalahan besar”

Pada suatu hari Bharata sedang semedi, dan seperti biasa dia mulai memikirkan si rusa dan tidak berfikir tentang Tuhan. Konsentrasinya terputus, dan dia memandang kesana kemari untuk melihat dimana anak rusa, dan dan ketika dia tidak dapat menemukan rusa itu, pikirannya menjadi goyah, bagaikan orang pelit yang telah kehilangan uangnya. Dia bangun dan mencari-cari didaerah sekitar asrama-nya. Tetapi rusa itu tidak dapat diemukan dimana-mana.

“Bharata berfikir,” kapan rusaku kembali? Apakah dia selamat dari harimau dan binatang lainnya? Kapankah saya akan melihat si rusa sekali lagi mengembara di tamanku dan makan rumput hijau yang segar? Bharata tidak menahan dirinya. karena itu, ia keluar mencari rusa itu. Dengan mengikuti jejak telapak kakinya. Dalam kegilaannya, Bharata mulai bicara dengan dirinya sendiri: “makhluk itu begitu tercinta sehingga saya berpikir seolah-olah saya kehilangan anakku sendiri. Oleh karena demam kerinduan yang membakar didalam hatiku, saya merasa seolah-olah berada di tengah-tengah kebakaran yang berkobar di hutan, sekarang hatiku berkobar dengan api keduka-citaan”

Bharata sangat bingung mencari rusa yang hilang di jalan-jalan yang berbahaya di hutan, dan tiba-tiba dia jatuh dan mendapat luka parah. Bharata tergeletak di sana pada saat hampir meninggal, dan dia melihat bahwa rusa nya tiba-tiba muncul dan duduk di sisinya, menjaga dirinya seperti putra mencintai ayahnya. Demikian, pada saat menemui ajalnya, pikiran sang Raja Bharata berpusat sepenuhnya kepada rusa itu.

Dari Bhagavad-gita kita dapat belajar, keadaan manapun yang di ingat seseorang pada saat ia meninggalkan badannya, pasti keadaan itulah yang akan dicapainya … dalam penjelmaan berikutnya, maharaja Bharata masuk ke dalam tubuh seekor rusa. kebanyakan mahluk hidup tidak mengingat penjelmaannya yang lalu, tetapi oleh karena kemajuan rohani yang telah di capai sang raja dalam penjelmaan sebelumnya, walaupun dia didalam badan seekor rusa, dia dapat mengerti mengapa ia lahir dalam badan itu. Dia mulai menyesal “saya telah meninggalkan keluarga dan kerajaan lalu pergi ke tempat sunyi di hutan untuk bersemadi, dan di tempat itu saya merenungkan Tuhan yang menguasai alam semesta. Tetapi oleh karena kebodohan saya, … saya membiarkan pikiran menjadi terikat kepada … anehnya … seekor rusa. Sekarang saya telah menerima badan seperti itu sesuai dengan peraturan. Tiada orang yang dapat selain diriku sendiri.

Bharata sudah mendapat pelajaran yang berharga, karena itu walaupun dia sudah menjadi rusa, dia dapat melanjutkan kemajuannya dalam keinsyafan diri. Dia menjadi lepas dari segala keinginan material. Dia tidak lagi memperdulikan rumput hijau yang enak, ataupun memikirkan panjang tanduknya. Begitu pula, ia meninggalkan pergaulan dengan segala rusa, jantan maupun betina, meninggalkan ibunya di pegunungan Kalanjara, tempat lahirnya. Ia kembali ke pulaha-asrama, tempat ia telah mempraktekkan semedi didalam penjelmaan yang lalu. Tetapi kali ini dia hati-hati supaya tidak pernah lupa kepada kepribadian Tuhan Yang Maha Esa. Ia tinggal dekat asrama orang-orang suci dan resi-resi yang mulia, dan menghindari segala hubungan dengan orang duniawi, hidup dengan sederhana sekali, dan hanya makan daun yang keras dan kering. Pada saat meninggal, Bharata meninggalkan badan rusa, dan dengan suara keras ia mengucapkan doa berikut

“Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa adalah sumber segala pengetahuan, penguasa seluruh ciptaan, dan roh yang utama didalam hati setiap makhluk hidup.”

Dalam penjelmaan berikutnya, maharaja Bharata lahir dalam keluarga seorang Brahmana yang suci dan murni, dan didalam penjelmaan itu dia bernama Jada Bharata. Atas karunia Tuhan, sekali lagi dia dapat ingat kepada penjelmaan-penjelmaan yang lalu …

Ilustrasi diatas saya kutib dari sebuah kitab yang dikarang oleh Om Visnupada, sebagai arahan untuk mengerti apa itu reinkarnasi …

Didalam diri manusia ada roh pribadi yang abadi, tidak mati, namun bukan berarti kita akan hidup seperti yang digambarkan oleh Om Visnupada, sebab pendapat ini terdapat kelemahan yang akan timbul. Bagaimana halnya orang yang sudah sampai moksa, … mencapai tuhan … karena baginya tidak akan mengalami reinkarnasi lagi. Jika demikian halnya roh-roh orang yang hidupnya bersih, sebagai resi, pendeta yang tidak terikat oleh alam nafsunya, maka ia akan kembali kepada roh utama (Tuhan Yang Maha Esa), maka jika hal ini terjadi populasi manusia akan berkurang…

Anggaplah pada suatu zaman nabi Adam ada sepuluh orang yang dilahirkan oleh beliau, diantaranya ada yang baik dan ada yang jahat … kalau jumlah yang baik itu ada lima orang maka yang lima lagi akan reinkarnasi … menjadi binatang … atau tergantung kecintaannya kepada materi dia akan menjelma. Dan jika didalam penjelmaannya dia ternyata menginsyafi dirinya akan kesalahan, sebagaimana raja Bharata menginsyafi kesalahannya, maka mereka akan kembali sebagai manusia suci dan akan mati sebagai orang suci yang tidak kembali mengalami reinkarnasi. Artinya lama-kelamaan roh akan habis di karenakan roh itu kembali kepada roh Utama (Tuhan Yang maha esa)

Ada sebagian orang mengutip Al Qur’an untuk mendukung ajaran reinkarnasi yang sekarang lagi semarak, didalam surat Al Baqarah :28

“Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan di hidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya lah kamu di kembalikan.”

Pada awalnya manusia tidak ada (mati) … lalu Allah menciptakan manusia dari sari/ekstrak alam kemudian menghembuskan roh dari-Nya kedalam tubuh (lihat Al hijir 28-29) dan ia menjadi hidup … didalam alam rahim … kemudian ia melepaskan dari ikatan alam rahim menuju alam dunia … kemudian ia melepaskan dari ikatan alam dunia … menuju alam barzah … kemudian ia melepaskan alam barzah menuju alam syurga atau neraka, kemudian ia melepaskan kembali menuju Allah Azza wajalla. (bisa di baca dalam tafsir Shafwatut Tafaasir, karangan Prof Ali As Shabuni, Beirut)

Bandingkan dengan pendapat tentang reinkarnasi, didalam ajaran reinkarnasi, jika ia masih terikat oleh kehidupan alam materi, maka ia akan menjalani kehidupan pada apa yang ia pikirkan, misalnya kepada binatang: kuda, tumbuhan, dll. Sebaliknya didalam Islam jika manusia terikat oleh alamnya (hubbud dunya cinta dunia) maka ia akan tertolak kembali kepada Allah, … rohnya tetap pada kesadaran sebagai manusia namun roh yang tersiksa oleh karena Tuhan menolaknya, … dan keadaan ini disebut siksa atau kesengsaraan alam barzah (siksan kubur). Ia tidak menjelma menjadi binatang, akan tetapi ia hanya terikat oleh karena masih cinta kepada binatang atau dunia yang dipikirkannya … memang pendapat ini hampir sama, perbedaannya adalah jika pada reinkarnasi terikat kepada dunia akan menimbulkan jelmaan makhluk baru, sedangkan dalam Islam keterikatannya kepada alam ,ia akan terhalang menuju Tuhannya, namun ia tidak menjelma sebagai alam … kesamaanya adalah keabadian roh, … perbedaannya roh manusia bagi Hindu adalah roh Tuhan yang menitis menjelma sebagai manusia.(emanasi), hal ini di idealisasikan kepada Sri Krisna, dimana orang banyak menyembah Sang Krisna sebagai perwujudan Tuhan, sebab jika manusia sudah terlepas dari keterikatan pada dunia materi, maka ia adalah Tuhan itu sendiri yaitu roh utama, atau sukma kawekas …

Dan itulah kira-kira yang banyak mempengaruhi sufisme di Jawa dan di India yang mengaku Anal Haq (Akulah kebenaran/Tuhan)

Demikan uraian saya masalah reinkarnasi, … dan saya mohon maaf kepada saudaraku yang beragama Hindu. Bukan saya mengusik faham yang anda yakini, akan tetapi saya akan menjelaskan kepastian pendapat untuk membedakan agama Islam dan Hindu … jadi biar tidak simpang siur … Islam adalah Islam, Hindu adalah Hindu. Karena saya sadar pengetahuan masalah reinkarnasi banyak tidak dijelaskan oleh ulama kami, padahal di Jawa pengetahuan ini sudah menjadi budaya masyarakat. dengan adanya istilah menitis atau ketitisan roh …

Saya juga minta maaf juga kepada saudaraku, yang telah meminta saya untuk menjelaskan masalah reinkarnasi ini, karena tulisannya ‘kebanyakan’, …mudah-mudahan tidak menjadikan anda jenuh ….

Wassalamu’alaikkum warahmatullahi wabarakaatuh

Abu Sangkan

“Ya Allah, Ajari Kami Untuk Selalu Ingat Kepada-Mu, Bersyukur & Khusyu’ Beribadah” (Al Hadits)
Mohon maaf sekarang untuk sesi komentar di TUTUP lantaran sudah mulai PANAS dan tidak sesuai dengan website ini, jadi mohon maaf sekali lagi komentar di TUTUP.

Salam Moderator!
Comments
41 Responses to “Reinkarnasi Menurut Islam”
  1. scarion mengatakan:

    Woah,

    Panjank banget^^ tapi gue baca semua kok. Bener juga ya, hal semacam siksa kubur kalau diperhatikan baik-baik bisa sama kaek reinkarnasi! Hmhmhm…

    Mantab, tapi kok gak ada hubungannya sama UFO/BETA ya? Lagi OOT neh ceritanya? hha

    #Hahahaaa yah nambah2 artikel2 ajah mas biar pengunjung gak bosen xixixi :)
    Thx Mas

    • JaSo mengatakan:

      Siksa kubur, yang nyiksa siapa?????????
      Zasat manusi sama dengan bangkai binatang, mau dibakar atau dikubur sama saja gak bakal protes, nah kalao orang “KAFIR” selain islam zasadnya dibakar gemana itu, bang OOT? enak kan lewat dari siksa kubur, bang OOT, bang OOT

      • erik mengatakan:

        jasad memang tak akan protes mw d kubur atau d bakar..! tpi ruh yg akan tersiksa bagi yg mati nya d bakar d dunia saja sudah d perlihatkan siksaan nya..! daqn sungguh ruh nya tak akan tenang karna tidak d terima d bumi juga d langit..! dia akan tersiksa karna bumi akan melemparkan nya k langit dan langit akan menghempaskan nya k bumi dan begitu seterus nya sampai hari kiamat..! skarng anda tinggal pilih mw mati d kubur atau d bakar

  2. smoke mengatakan:

    mana ada reikarnasi ?! yang ada tuh kehidupan ke dua….ntar kalo uda KIAMAT alias Umur Dunia Tutup. ^_^

    kebanyakan liat film Budha ya ??!! ato liat film Vampire yang biasanya rame di tipi-tipi ??!! Ah….Mana ada sih sebenarnya cerita yang panjang seperti diatas itu ?? Percaya Nggak Percaya aja deh bro ma ginian. Yang penting tuh Jalani Peritah-Nya, Jauhkan Larangan-Nya. Uda dijamin… Hidup enak dunia akherat. Salam

    #Setuju bgt mas tapi saran saya buka Al-Quran

    • dharmo mengatakan:

      Ajaran islam tidak dijelaskan semua, karena memang ada tujuan politik “ekonomi pada masa lampau” kalau kita baca-baca tafsir alquran buatan medinah, kita baru sadar dan bloon bangaet jadi manusia pengikut, “kenapa jadi manusia kok tidak mau belajar sendiri membaca secara urut alquran, aneh bin ajaib Firman allah kok tumpang tindih dan saling berbenturan, dan SUNGGUH TIDAK ADIL SEBAGAI ALLAH BILA MENGANUT AJARAN ISLAM, hidup cuman sekali, jelek, miskin lagi, enak dong yang Cakep dan Kaya. kalau kita simak secara seksama allah dalam alquran gak konsistant, lebih jahat dari manusia yang paling jahat, allah sangat pendendam, masa allah kalah sama ajaran orang jawa “nrimo ing pandum”,

      • erik mengatakan:

        tak perlu membuka tafsir untuk menjawab coment anda..! karna anda bahkan tidak mengerti arti kata bismillahirohmanirohim agar supaya anda tau dalam bahasa indonesia itu arti nya dengan nama ALLAH yg maha pengasih lagi maha penyayang dan itu adalah bacaan pembuka ayat2 alquran..! klo anda bilang allah sangat jahat d dalam alquran berarti anda tidak mengerti arti kata maha pengasih dan maha penyayang..! tolong deh jngan ngeliatin k bodohan anda udah kapir, jelek, bodoh,sok tau lgi…!
        tapi memang ALLAH akan sngat jahat kepada anda karna ALLAH sudah menyediakan neraka jahanam dan siksaan yg sangat pedih untuk orng kapir seperti anda kecuali anda bertobat
        tak perlu anda membuka alquran kerna ALLAH ber firman allah telah menutup mata,hati dan telinga,orang2 kapir untuk mempelajari alquran kecuali anda bertobat
        anda begitu membanggakan ajaran orng2 jawa bagi kami itu hanya ajaran makhluk ciptaan ALLAH dan kami pikir lebih baik mengikuti ajaran pencipta dari pada ajaran pencipta nya..!
        dan memang manusia harus nerimo..! seperti hal nya anda harus nerimo karna d lahirkan dalam golongan orng2 kapir2 terkecuali anda belajar untuk pintar dan memilih agama yg benar

      • cntyk mengatakan:

        allah sangat adil.

        takdir adalah ilmu allah, kemahatahuan allah atas segala sesuatu, yg trjadi di masa lampau, saat ini dan yg akan datang.

        sdgkn utk qadha dan qadar sendiri,
        dalam islam, allah sudah menentukan, misal anda lahir dari ortu yg kulitnya hitam dan hidungnya tdk mancung tetapi teman anda dari ortu yg kulitnya putih dan hidungnya mancung, atau misal anda mati tertabrak mobil, jatuh ari reruntuhan…. * ini adalah daerah atau wilaah yg tdk dikuasai manusia* untuk hal ini allah tdk akn meminta pertanggungjawaban pd anda di akhirat, tp amal yg anda lakukan. karena itu dalam islam, setiap org sama dihadapan Allah kecuali taqwanya.

        qadar sendiri adalah ukuran ketetapan allah, contoh api sifatnya panas, air mendidih 100 derajat celsius, air tidak bisa dibelah. maka yg allah akan tanyakn pertangungjawabnnya adalah apakah api yg bersifat/qadar/ukuran/ketetapnnya panas dan membakar itu itu digunakan manusia utk memasak membantu ortu misalnya, atw utk membakar rumah tetangga hanya karena kesal terhadapnya? apakah benda yg diciptakan sesuai dg kadar ukuran yg tlh ditetapkan -Nya digunakan untuk kebaikan atau kejahatan, maka perbuatan manusianyalah yg akan ditanyai pertanggungjawabnnya.

        dan manusia memiliki pilihan untuk memilih yg dia mau pilih, jalan kebaikan atau keburukan, ketika manusia memilih salah satu allah yang ilmunya meliputi segala sesuatu, baik lampau saat ini maupun yg akan datang maka maha tahu apakah si a atau si b akan pilih jalan yg mana, itulah takdir, kemahatahuan allah akan segala sesuatu… tapi utk pilihan manusia diberi kebebasan utk memilih… *ini adalah daerah yg dikuasai manusia* dan allah akn menanyai pertanggungjawabnnya.

        sgt adil bukan?

        dan utk menyempurnakan keadilan-Nya, Allah memberikan akal, agar manusia bisa memilih yg mana yg salah dan benar, dan saking baiknya allah sm manusia, menurunkan para nabi dan saking baiknya allah memberi buku panduan, peta jalan pulang ke akhirat yaitu kitab suci…

        allah swt sgt adil… maha adil…

        smg dimengerti…
        untuk lebih jelasnya bisa dibaca dlm materi dasar islam tp maaf sy lupa pengarang dan penerbitnya tp bisa juga baca islam mulai dari akar ke daunnya penulisnya tim penyusun penerbit bkim ipb press.

        islam memuaskan akal menentramkan hati…. ;)

    • Krisno mengatakan:

      Baca lagi tafsir alquran sebanyak banyaknya, lucu banget deh firman allah kok tidak konsisten ayat-ayatnya berbenturan, allah dalam alquran sifatnya kalah sama frinsip hidup orang Jawa “NRIMO ING PANDUM” kasihan ya jadi manusia pengekor yes man saja.

      • cntyk mengatakan:

        bisa disebutkan dgn jelas surat apa dan ayat berapa yg bertentangan dg ekspilsit dlm al quran? tingkat kecerdasan seseorng bisa terlihat dr pertanyaan, statement atau jawaban yg diberikan.. mohon statement nya bukan berdasarkan ‘kira- kira’ aja. menyatakan sesuatu tanpa bukti dan statement yg jelas.. ckckcckkc

  3. arvin mengatakan:

    menurut Islam semua ruh setelah kematian seorang manusia pasti kembali ke alam barzah (alam kubur), alam sebelum akhirat akhir kiamat. Jadi tidak ada yang namanya ruh gentayangan sebelumnnya.
    Islam sendiri tidak membantah adanya reinkarnasi karena yang sebetulnya berinkarnasi adalah energi yang mengitari manusia atau hidup dalam tubuh manusia sebelum kematiannya. Energi tersebut mencari rumah barunya setelah seorang manusia mati entah di manusia baru terlahir ataupun hewan. Mungkin seperti energi di Bapak Bangsa kita Soekarno, yang berlimpah energinya dan setelah kematian beliau energi berpencar kemana-mana mencari rumah barunya menjadi aura kehidupan yang baru, yang mungkin saja mencari keturunannya yang masih satu pararel agar energi klop masuk, who knows?Energi tersebut dapat berupa positif dari alam ataupun negatif dari jin. Dan ruh bergentayangan adalah energi negatif yang menyerupai manusia yang sudah mati tersebut.
    Jadi selama manusia sudah dipanggil oleh Sang Khalik , ruh tidak akan bergentayangan (kecuali masa 40 hari) dan tidak akan berinkarnasi. Ruh milik Allah sepenuhnya.
    DI dalam ruh lah terdapat sifat-sifat Allah, ditiup sejak ruh ditiup(bersamaan)dalam rahim seorang Ibu. Nabi Isa atau Jesus adalah seorang manusia satu-satunya yang ditiup oleh Allah sifatnya Allah paling lengkap, karena itulah sang Nabi Isa atau Jesus sering disebut Tuhan atau anak Tuhan, karena sifat Ketuhanan yang paling lengkap ditiup dalam ruhnya, tapi ingat bahwa Tuhan tidak beranak dan tidak berwujud, Nabi Isa atau Jesus bagaimanapun adalah seorang manusia biasa seperti layaknya Nabi Muhammad yang juga seorang manusia biasa. Bedanya Nabi Muhammad adalah satu-satunya seorang manusia yang pernah oleh Allah SWT ditiupkan kedalam ruhnya Nur Muhammad atau DNA alam semesta, sehingga semua alam pun seperti gunung dan matahari tunduk kepadanya(Nabi Muhammad), karena Nur Muhammad yang ditiupkan oleh Allah dalam ruhnya guna menerima wahyu Alquran.Nur Muhammad (DNA alam semesta) sudah ada sebelum alam semesta tercipta. Nabi Muhammad telah dipanggil, tidak akan berinkarnasi, ruhnya telah kembali bersama Allah di surga tertinggi.
    Sedang Nabi Isa atau Jesus tidak berinkarnasi karena beliau diangkat utuh, diselamatkan untuk turun kembali menyelamatkan dunia suatu waktu nanti.
    Nabi Isa dan Nabi Muhammad adalah nabi yang spesial dari ribuan nabi yng pernah di muka bumi.
    Tapi para nabi yang memperoleh petunjuk dari perenungan hatinya tempat bersemayam sifat Allah bukan berarti tidak istimewa.Tapi semua ruh istimewa mereka tidak akan pernah berinkarnasi, terlalu suci untuk berinkarnasi, hanya energi positif mereka yang terpengaruh oleh sucinya ruh mereka yang berinkarnasi meneruskan kebaikan aura positif.

  4. arvin mengatakan:

    Ruh tidak bergentayangan mencari inkarnasi, Ruh Kudus tidak pernah mati

    menurut Islam semua ruh setelah kematian seorang manusia pasti kembali ke alam barzah (alam kubur), alam sebelum akhirat akhir kiamat. Jadi tidak ada yang namanya ruh gentayangan sebelumnnya.
    Islam sendiri tidak membantah adanya reinkarnasi karena yang sebetulnya berinkarnasi adalah energi yang mengitari manusia atau hidup dalam tubuh manusia sebelum kematiannya. Energi tersebut mencari rumah barunya setelah seorang manusia mati entah di manusia baru terlahir ataupun hewan. Mungkin seperti energi di Bapak Bangsa kita Soekarno, yang berlimpah energinya dan setelah kematian beliau energi berpencar kemana-mana mencari rumah barunya menjadi aura kehidupan yang baru, yang mungkin saja mencari keturunannya yang masih satu pararel agar energi klop masuk, who knows?Energi tersebut dapat berupa positif dari alam ataupun negatif dari jin. Dan ruh bergentayangan adalah energi negatif yang menyerupai manusia yang sudah mati tersebut.
    Jadi selama manusia sudah dipanggil oleh Sang Khalik , ruh tidak akan bergentayangan (kecuali masa 40 hari) dan tidak akan berinkarnasi. Ruh milik Allah sepenuhnya.
    DI dalam ruh lah terdapat sifat-sifat Allah, ditiup sejak ruh ditiup(bersamaan)dalam rahim seorang Ibu. Nabi Isa atau Jesus adalah seorang manusia satu-satunya yang ditiup oleh Allah sifatnya Allah paling lengkap, karena itulah sang Nabi Isa atau Jesus sering disebut Tuhan atau anak Tuhan, karena sifat Ketuhanan yang paling lengkap ditiup dalam ruhnya (RUH KUDUS), tapi ingat bahwa Tuhan tidak beranak dan tidak berwujud, Nabi Isa atau Jesus bagaimanapun adalah seorang manusia biasa seperti layaknya Nabi Muhammad yang juga seorang manusia biasa. Bedanya Nabi Muhammad adalah satu-satunya seorang manusia yang pernah oleh Allah SWT ditiupkan kedalam ruhnya Nur Muhammad atau DNA alam semesta, sehingga semua alam pun seperti gunung dan matahari tunduk kepadanya(Nabi Muhammad), karena Nur Muhammad yang ditiupkan oleh Allah dalam ruhnya guna menerima wahyu Alquran.Nur Muhammad (DNA alam semesta) sudah ada sebelum alam semesta tercipta. Nabi Muhammad telah dipanggil, tidak akan berinkarnasi, ruhnya telah kembali bersama Allah di surga tertinggi.
    Sedang Nabi Isa atau Jesus tidak berinkarnasi karena beliau diangkat utuh, diselamatkan untuk turun kembali menyelamatkan dunia suatu waktu nanti.
    Nabi Isa dan Nabi Muhammad adalah nabi yang spesial dari ribuan nabi yng pernah di muka bumi.
    Tapi para nabi yang memperoleh petunjuk dari perenungan hatinya tempat bersemayam sifat Allah bukan berarti tidak istimewa.Tapi semua ruh istimewa mereka tidak akan pernah berinkarnasi, terlalu suci untuk berinkarnasi, hanya energi positif mereka yang terpengaruh oleh sucinya ruh mereka yang berinkarnasi meneruskan kebaikan aura positif.

    • Krisno mengatakan:

      Walah, Yesus sendiri telah mengatakan bahwa nanti akan ada nabi bernama Muhamad, seiring dengan perjalanan spiritual yang saya alami mungkin sekali dan sangat mungkin Roh Yesus reinkarnasi menjadi Muhamad.

      • erik mengatakan:

        anda yg mengatakan klo yesus pernah bilang akan aDA NABI stelah dia yg bernama muhammad..! lalu kenapa anda tidak mengikuti kata2 yesus untuk mengikuti ajaran nabi setelah dia yaitu muhammad..! dan bila pengalaman spirit ada begitu hebat dan yakin kalo yesus berreinkarnasai menjadi muhammad segeralah anda bershahadat karna nabi muhammad beragama islam dan menyembah tuhan kami yaitu Allah

  5. mbah gendeng mengatakan:

    yup aku percaya dengan reinkarnasi karena aku ud mengalaminya

  6. Fie mengatakan:

    Dalam Islam Reinkarnasi itu tidak ada. Kalaupun ada orang yg merasa dirinya reinkarnasi dari seseorang , itu hanyalah pergesekan antar energi dari masa lampau dengan orang tersebut atau mungkin sukma orang tersebut tanpa disadari sering terseret ke dimensi masa lampau. Prof.Stephen H. seorang genius yg lumpuh seluruh badannya meyakini bahwa setiap kehidupan yg terjadi di setiap periode tahun/abad memiliki lingkaran energi yg terus berputar….yg dimaksud seperti film quantum leap di mana seorang manusia yg bisa terlempar ke suatu masa, atau semacam time tunnel. Bahkan professor ini menyatakan energi yg masa yang akan datang pun telah terbentuk.Para praktisi meditasi yang intens bisa mencapai energi2 tsb.

  7. Fie mengatakan:

    atau sering kita merasakan semacam deja vu…itu adalah pergesekan energi2 yg bercampur dari lampau dan sekarang. Kita bisa tanyakan praktisi2 Yoga di India, mereka seolah hidup di jaman kekaisaran/kerajaan lampau padahal yg terjadi adalah mereka masuk ke kumparan energi masa lampau. Bahkan di Indonesia praktisi meditasi seperti ini banyak juga yg melakukan perjalanan wisata lampau, it sounds funny! Tapi mereka meyakini melihat bagaimana Borobudur didirikan atau melihat bagaimana peperangan kerajaan2 lampau terjadi.

  8. mbah gendeng mengatakan:

    sama seperti ketika dahulu orang bilang bahwa ada ramalan tentang televisi tapi banyak umat muslim yg juga g percaya karena g ad d quran secara gamblang tapi ternyata……..
    dalam quran sebenarnya juga d jelasin kok coba d pahami lebih lanjut sebab g pake bahasa yang gamblang

  9. aida vyasa mengatakan:

    percayaaaaaaaaa :)

  10. Purwanto mengatakan:

    Alam barzakh itu ada, Reinkarnasi juga ada. Ketika manusia mati, ruh-nya akan masuk ke dalam alam barzakh untuk menunggu proses reinkarnasi. Alam barzakh beda dengan kuburan. Di sana para ruh melakukan perjalanan untuk menuju kelahiran kembali.

    Yang dimaksud dengan siksa kubur bukan siksaan secara fisik sebagaimana dikisahkan para mubaligh yang manfsirkan quran dan hadis secara dangkal tanpa penalaran lebih lanjut. Siksa kubur adalah tekanan mental yang dirasakan para ruh ketika mereka menyesali perbuatannya dan memohon untuk bisa dikembalikan hidup di dunia. Para pendosa yang berusaha menghindari mekanisme reinkarnasi akan menderita di alam barzakh.

    Sementara itu, reinkarnasi merupakan hukum alam yang harus dijalani para ruh untuk menyucikan dirinya. Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Pandangan umum menyebutkan bahwa Allah menghukum para pendosa kekal di neraka. Padahal manusia hanya hidup di dunia selama kurang dari 100 tahun, itu pun tidak mungkin sepenuhnya dilakukan untuk melakukan kejahatan. Alangkah teganya jika Allah menghukum mereka dengan siksa kubur dan siksa neraka yang relatif jauh lebih lama.

    Reinkarnasi beda dengan siksa kubur. Reinkarnasi bukan azab, melainkan kesempatan yang diberikan Allah agar ruh dapat kembali kepada-Nya dalam keadaan tenang (nafs al-Muthmainah). Allah Maha Pengasih, Karena kasih sayangnya itulah kita terlahir kembali untuk memperbaiki diri. Sekali lagi, reinkarnasi bukan hukuman melainkan kesempatan untuk bertobat.

    Mengenai jumlah manusia yang semakin banyak sekilas memang berlawanan dengan konsep reikarnasi. Namun perlu diketahui bahwa Allah itu Maha meliputi segala sesuatu. Itu artinya ruh Allah tidak hanya tersebar di dalam diri manusia saja, melainkan juga meliputi makhluk lainnya.

    Tidak hanya manusia yang punya ruh. Makhluk lain, misalnya hewan dan tumbuhan juga punya ruh. Hanya saja, manusia dilengkapi dengan akal dan pikiran, sehingga tingkat kesadaran spiritualnya pun berada di atas makhluk lainnya.

    Coba Anda perhatikan bahwa zaman sekarang jumlah tumbuhan semakin berkurang. Hewan-hewan banyak yang punah. Ke mana perginya mereka? Tentu saja ruh-ruh mereka terlahir sebagai manusia.

    Apa bisa ruh tumbuhan terlahir sebagai hewan? jawabnya bisa, karena tumbuhan dikonsumsi oleh hewan sehingga kesadaran tumbuhan pun beralih ke tingkat keasadaran hewan.

    Apa bisa hewan terlahir sebagai manusia? Tentu saja bisa. Jika Raja Bharata terlahir sebagai rusa karena kesadarannya terfokus pada rusa, sebaliknya hewan ternak pun bisa saja terlahir sebagai manusia.

    Sebenarnya di cerita Islam juga ada manusia yang berubah menjadi hewan, sebagaimana yang dialami oleh umat Nabi Musa yang konon dikutuk menjadi kera. Bukankah ini bahasa simbolis bahwa umat Nabi Musa terlahir sebagai kera pada kehidupan selanjutnya akibat perbuatan mereka yang susah diatur.

    Kembali kepada jumlah manusia yang semakin banyak, tentunya tidak terlepas dari banyaknya jumlah hewan liar yang punah. Coba Anda bayangkan kalau seekor harimau mati akibat diburu oleh manusia, tentunya kesadaran harimau menjelang ajalnya pun terpusat kepada manusia yang membunuhnya, sehingga harimau itu pun bisa jadi terlahir sebagai manusia.

    Bagaimana dengan hewan ternak? Bukankah kita setiap tahun menjalankan ritual qurban yang Insya Allah akan datang sebentar lagi? Sangat besar kemungkinannya kalau sapi dan kambing yang disembelih dengan iringan takbir akan terlahir sebagai manusia karena naik derajatnya…..

    Reinkarnasi justru menunjukkan kebesaran Allah. Melalui reinkarnasi, Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk memperbaiki diri. Reinkarnasi juga menunjukkan keadilan Allah. Pernahkan Anda berpikir, mengapa ada di antara kita yang lahir miskin, kaya, Islam atau non Muslim. Apabila iman kita tanpa dilandasi penalaran tentunya kita pasti akan “menyalahkan” takdir. Tapi bagi para penganut konsep reinkarnasi maka hal ini bukan sesuatu yang aneh. Jika ada manusia yang lahir miskin dikarenakan pada kehidupan sebelumnya ia bersifat kikir. Dan jika ada yang lahir kaya, berarti pada kehidupan sebelumnya ia menjadi seorang dermawan.

    Reinkarnasi adalah bukti Cinta Kasih Allah kepada kita. Reinkarnasi adalah bukti kalau takdir Allah itu adil, jadi tidak bersifat acak begitu saja.

    Pernahkah Anda mendengar ayat Alquran yang mengisahkan bahwa dalam siksa neraka kelak, kulit manusia akan diganti baru setiap kali rusak akibat penyiksaan. Coba direnungkan dengan perasaan jernih…. Bukankah ini simbol bahwa reinkarnasi itu ada? Para penjahat mendapatkan kulit baru, itu berarti manusia pendosa berulang kali mendapatkan tubuh baru untuk menjalani penyucian dosanya. Alquran adalah kitab suci yang kebenarannya tidak perlu diragukan lagi. Namun, bahsanya yang penuh makna menantang kita untuk menafsirkannya dengan baik.

    Pernahkan Anda berpikir mengapa Allah membekali manusia dengan akal dan pikiran. Tentu saja untuk menalar ayat-ayat Allah yang terkandung di kitab suci ataupun yang terbentang di Alam.

    Jadi, urut-urutan kehidupan manusia yang linier mulai dari alam rahim-alam dunia-alam barzakh-alam akhirat bukanlah sesuatu yang paten disebutkan dalam Alquran, melainkan hasil penafsiran para mubaligh terhadap Alquran sesuai dengan tingkat penalaran mereka.

    Mengapa hadis Nabi tidak menyinggung soal reinkarnasi? Apakah Nabi Muhammad tidak mengetahui adanya reinkarnasi? Jawabnya tidak mungkin. Nabi pasti tahu adanya reinkarnasi namun tidak mengajarkannya dengan pertimbangan bahwa saat itu masyarakat Arab belum siap untuk menerimanya. Perlu diingat saat itu kaum Quraisy dikuasai oleh alam materialisme. Mereka menganggap hidup itu sekali dan sesudah mati tidak akan terjadi apa-apa. Oleh karena itu Nabi pun berdakwah menggunakan bahasa mereka, dengan mengatakan kalau sesuadah mati kelak ruh akan bertemu siksa kubur dan siksa neraka.

    Apabila Nabi menyampaikan bahwa sesudah mati ruh bisa terlahir kembali, dapat dikhawatirkan kaum kafir akan salah paham dan justru akan semakin merajalela karena merasa memiliki kesempatan kedua untuk mengumbar angkara murka.

    Nabi Muhammad sangat bijaksana. Beliau lebih menyoroti tentang siksa kubur dan siksa neraka sebagai shock terapi untuk kaum kafir, sedangkan konsep reinkarnasi diserahkan kepada generasi selanjutnya pada saat keimanan kaum muslim relatif lebih stabil. Misalnya, tokoh pada generasi selanjutnya yang mengajarkan tentang reinkarnasi adalah …. Jalaluddin Rumi.

    Ingat, suadara-suadara! Konsep bersatunya roh dengan Roh Agung bukan pemikiran Hindu belaka, namun juga menjadi cita-cita umat Islam. Bukankah semboyan Umat Islam adalah Inna lillahi wa inna lillahi rajiun?

    Sesungguhnya kita ini kepunyaan Allah dan akan kembali kepada-Nya. Jadi di atas surga masih ada tempat yang lebih indah, yaitu Sidratul Muntaha atau tempat Nabi Muhammad bertemu Allah.

    • ufonesia mengatakan:

      wah menarik sekali Pak.
      terimakasih atas coment yang bagus dan panjang ini.

      saya tunggu kehadiranya di milis ufonesia
      trim’s.
      Salam Irfan

    • Krisno mengatakan:

      Bagus, sayang ada ekor isro’ mi’rot yang keplintir “ya maklum tidak gampang memang” kalao manusia bisa menjalani / memahami hidup “NRIMO ING PANDUM” qt akan ditunjukkan peta hidup kita masing-masing (peta ini menunjukkan gambaran hidup gelap dan terang dibagi 6 fase, mungkin ini yang dimaksud dalam alquran bumi diciptakan dalam 6 tahapan) karena bumi sendiri tidak berawal dan tidak berakhir “mohon baca alquran sendiri

      Gelap:kesulitan/kesusahan/kesedihan,
      Terang:kemudahan, kebahagian dan sejenisnya.

      6 fase kehidupan manusia berbeda satu dengan yang lain, dengan metode apapun sama sekali kita tidak dapat melawan fase itu,

      • erik mengatakan:

        anda begitu mengagumi ajaran orng2 jawa padahal itu hanya ajaran dari mahkluk ciptaan allah yang tak luput dari salah dan dosa..! dan menurut saya sangat bodoh..! kenapa anda mengikuti ajaran orng yg sama dengan anda sama2 orng jawa..! bagi saya yg mungkin lebih pintar dari anda saya akan mengikuti ajaran si pencipta orng jawa itu..! karna toh orng jawa itu jga skarang sudah mati d ambil oleh pencipta nya..! dan anda tidak tau kan kalo orng jawa itu sekarng sedaNG d siksa karna ajaran yang anda banggakan..! pintarlah sedikit hai orang2 bodoh ikutilan ajaran sang pencipta dan bukan ajaran ciptaan nya.

  11. sudirman mengatakan:

    setiap orang tentu berbeda dan sah-sah saja mentafsirkan ajaran agama dan kitab suci sesuai dengan tingkat kecerdasan , tingkat spiritual dan tingkat kesucian hatinya dan tidak perlu diperdebatkan.. karena itu semua akan diterima dan di pertanggungjawabkan sediri di hadapan Tuhan dan tidak satupun yang bisa ikut campur ats karmanya. Agama berjumlah sebanyak ada manusia dan semuanya berbeda.

  12. sumsum mengatakan:

    Reinkarnasi,,,, dalam paham islam memang samar untuk dijelaskan bahkan memang tidak ada, kalau dilihat dalam surah Al baqarah:28 jelas sekali.
    saya berharap kepada semua pembaca khususnya agar lebih mendalami bahasa,, kalau bisa dikaji serta ditelaah kemudian tunjukan dalam pribadi dan kehidupan sehari – hari.

  13. luckman lutfianto mengatakan:

    kadang dalam hidup banyak terjadi kejanggalan dan perbedaan yang sulit dimengerti baik dalam memahami suatu kejadian maupun makna suatu argumen, begitu juga tentang reinkarnasi, sebetulnya tidak usah dipermasalahkan baik itu ada atau tidak, karena sebenarnya manusia akan membuktikan kebenarannya sendiri…. okelah sekarang semuanya boleh berargumen apapun karena memiliki dasar masing2,namun jangan dijadikan sebuah perdebatan yang saling saling menjatuhkan dunk…ingat pepatah pernah mengatakan perbedaan itu suatu barokah, karena dari perbedaan tersebut lahirlah sebuah kebenaran yang universal… how?agree….

    • JaSo mengatakan:

      Setuju, bro “tujuan nya itu mengingatkan untuk instrofeksi, kalau kita memahami bahasa universal atau alam semesta indah sekali hidup ini, peringatan datang sebelum kejadian kuncinya URIP NRIMO ING PANDUM

  14. Naban harun mengatakan:

    Bukan kah allah aza wajala senantiasa mengulang kata2 dalam firman_NYA. Tentang hidup dan mati,kehidupan sebelum dan sesudah juga yang kemudian bukankah selalu di firmankan secara berulang ? Menurut ajaran hindu dan budha reinkarnasi itu ada. Dan menurut islam reinkarnasi bukan tidak d jelaskan hanya saja di rahasiakan. Sebelum mencari ada atau tidak renkarnasi itu, pahamilah arti kata dari “RENKARNASI” tersebut !
    Di atas ada yang berkomentar bahwa isa almasih atau yesus mungkin reinkarnasi menjadi rasulullah, tahukah anda bahwa langit bumi dan isinya di ciptakan dari cahaya nabi muhamad saw. Rasulullah adalah manusia suci dari sebelum di lahirkan, yg bilang firman allah tumpang tindih di dalam alquran hubungi gw ! Krm k email gw : mprayoga4@gmail.com gw tngu kta2 lo !

  15. NASRULAH mengatakan:

    bung PURWANTO anda Dashyat!!!!………..
    Saya Sendiri adalah muslim, tapi dalam hati kecil saya mengakui adanya reinkarnasi…
    karena dengan percaya reinkarnasi saya bisa menemukan jawaban-jawaban atas misteri kehidupan yang sebelumnya saya sulit temukan jawabannya. (ijin copy paste tulisan anda)

    Bung Purwanto bisa bantu saya jelaskan apakah ada persamaan antara amal dengan karma

  16. arifbilll mengatakan:

    Wah, kalo ada reinkarnasi ternyata ruh sedikitsekali ya, dan kematian itu pasti adanya , wong yang disiksa itu orang yg tdk beriman, sirik, dllll. kalo beriman dan tdk sirik kaga ditanya koq. jadi i love kematian. heeee

  17. Odip mengatakan:

    untuk memahami tentang Reinkarnasi kita harus mulai dulu dari pengertian tentang hidup. Apa itu hidup, rumusnya simpel hidup = tidak mati, berarti mahluk hidup itu sebenarnya tidak mati alias hidup terus alias kekal. Ciri hidup itu adalah adanya kesadaran (consciousness). Untuk lebih memahaminya coba kita bandingkan Manusia yang hidup (ada unsur hidup) dengan Manusia yang mati (tidak ada unsur hidup). Manusia hidup bisa merasakan, mencintai, membenci, bergerak, berkarya dll, sedangkan manusia yang mati tidak bisa berbuat apa-apa, badannya keropos kemudian hancur. Jadi kita dapat menemukan perbedaannya antara badan yang ada unsur hidup dengan badan yang tidak ada unsur hidup. Pertanyaannya adalah “Apakah unsur hidup itu ?” unsur hidup itu ada yang menyebutnya Roh, Atman, Ruh, Soul atau apalah namanya. Manusia yang mati sering disebut “meninggal” artinya bahwa badannya ditinggalkan oleh unsur hidup itu oleh karena sesuatu hal. Kalau hal ini sudah dipahami maka kita dapat mengerti tentang perbedaan antara Roh (Unsur hidup) dan Badan (Unsur Mati). Unsur hidup bersifat kekal sedangkan Badan bersifat kebalikannya yaitu sementara alias tidak kekal atau mengalami kehancuran. Nah kalau perbedaan antara dua hal ini dapat dimengerti, kita lanjutkan lagi ke langkah selanjutnya tentang sang Unsur Hidup (Roh) yang bersifat kekal itu. Karena Roh bersifat kekal berarti dia bisa hidup di mana saja, dalam keadaan apa saja, di tanah, di udara, di air, di angkasa, dalam panas atau dingin, pokoknya dimana saja. Sedangkan badan harus menyesuaikan dengan tempat dan keadaan. Contohnya kita dapat temukan mahluk hidup dimana saja dan badannya menyesuaikan dengan tempat dan keadaan, misalnya badan ikan cocoknya di Air, Buaya di Air dan di darat, Manusia di darat (Asal jangan Buaya Darat he he he). Beruntunglah manusia yang memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dapat membuat alat bantu untuk dia bisa menyesuaikan diri, seperti kalau pingin lama di Air dia bikin Alat selam dll. Begitulah mereka menyesuaikan diri. Kalau pengertian sederhana ini tentang unsur hidup (Roh) sudah kita pahami UFO itu bukan hal aneh, karena unsur hidup itu ada dimana-mana dan sudah barang tentu badan-badan mereka diciptakan sesuai dengan tempat dan keadaan mereka. Bisa saja badan mereka diciptakan dari unsur-unsur material yang halus yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang atau bisa saja diciptakan dari unsur-unsur material kasar yang bisa dilihat dengan mata.
    Seperti misalnya Virus yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang manusia. Nah sekarang kita buka wawasan kita tentang Re-inkarnasi dalam pengertian perpindahan/pergantian badan (Pakaian) dari badan yang lama ke badan yang lain dari unsur hidup (Roh) yang kita bahas tadi. Oleh karena suatu keadaan unsur hidup itu meninggalkan badannya yang lama dan berdasarkan keinginannya dia mendapatkan/berpindah ke badan yang lain sesuai dengan keinginannya. Jadi “Keinginan” adalah kunci dasar badan (Pakaian) apa yang di dapatkan oleh unsur hidup itu kemudian dan adanya keinginan adalah ciri dasar dari unsur hidup (Roh) itu, dari keinginan muncul perbuatan/tindakan (karma).

  18. Odip mengatakan:

    Lanjutan…….(moga moga aja gak bosen)

    Lanjut ke Keinginan dan Perbuatan/tindakan (karma). Analoginya begini biar lebih mudah. Pada saat nonton TV ada iklan tentang pakaian yang menarik dengan harga 200 ribu, muncul keinginan kita untuk membeli pakaian tersebut dan mulai mengumpulkan uang untuk dapat membelinya, setelah uang terkumpul cukup untuk membelinya, kemudian kita datang ke Butik yang menjual pakaian dan memilih pakain tersebut. Selanjutnya transaksi terjadi. Keinginan pas, uang ada dan pakaian menjadi milik kita. Jadi butik tersebut perumpamaan dari Alam Semesta yang begitu luas yang menyediakan berbagai macam pakaian/badan, keinginan adalah keinginan memiliki pakaian, usaha mencari uang sampai mendapatkan uang adalah karma (perbuatan/kegiatan). Kalau keinginan dan perbuatan sudah pas maka dapatlah kita badan yang kita inginkan. Transaksi terjadi.
    Alam semesta ini begitu luas dan perpindahan/pergantian dari badan satu ke badan lain, dari mahluk satu ke mahluk yang lain tidak hanya terjadi di bumi tapi antar Planet, karena sifat dari Roh (unsur hidup) yang kekal tersebut memungkinkan mereka ada di mana-mana di seluruh alam semesta ini dan mengalami Reinkarnasi ada yang naik dan ada yang turun. Coba kita bayangkan berapa jumlah semut, berapa jumlah kecoa, belum lagi jumlah Virus, Bakteri, Ikan, Kuman, Tupai, dll di muka bumi ini, belum lagi mahluk-mahluk lain di planet2 lain mereka semua adalah mahluk hidup, kebayang gak. Inilah keagungan Tuhan.

  19. Yusuf mengatakan:

    Yup, think out of the box people. dua2nya betul sekedar interpretasi dari hal yg sama disesuaikan dgn kondisi waktu itu.

    alam akhirat adalah suatu konsep. coba tidak berpikir liniear krn dunia ini tidak se sederhana itu. surga dan neraka juga tidak sesederhana bidadari2 cantik dan penggorengan raksasa yg sgt panas.

    wisdom2 di tingkat berikutnya bs dicapai dgn pertama2 lepas dari egonya, berpikir sebagai umat manusia. kadang pendapat kita keluar dari proteksi ego terhadap yg menyerangnya. padahal yg dilawan adalah bagian dari dirinya juga.

    lalu setelah itu dan lain hal mungkin pembaca bs mencerna design sempurna tuhan, sederhana dan disaat bersamaan sangat rumit, yg pasti sgt alamiah.

  20. qarrobin mengatakan:

    setiap manusia ada penjaganya, ada ground(malaikat) dan phase(jinn). ketika manusia meninggal, malaikat membawanya ke alam berikutnya, ia tidak kembali dilahirkan di dunyaa. Namun jinn yang selama hidupnya mengikutinya, maka ia masuk ke bayi yang baru lahir. Jika bayi yang baru lahir ini kemudian setelah dewasa ia mengingat kejadian di masa lalu atau ada seorang hipnosis yang mengorek ingatan masa lalunya, maka ingatan ini berasal dari jinn yang sebelumnya ada di kehidupan orang lain di masa lalu. Demikianlah bahwa tidak ada reinkarnasi kembali ke kehidupan di dunyaa, namun menuju alam lain.

  21. yudha ini mengatakan:

    hidup ini punya sejuta warna tak hanya hitam putih begitu adanya..agama HINDU dan BUDHA mengenalnya dengan nama REINKARNASI, dalam ajaran agama ku ISLAM dengan sedikit “pendekatan yang berbeda” mungkin menamainya “kehidupan alam barzah”..suatu gejala kehidupan yang memang benar2 ada, hanya saja kita sebagai manusia belum ada yang benar2 tau seperti apa “wajahnya” :)
    tidaklah benar meniadakan yang sudah ada karena kata orang bijak nih “tidak ada yang TIDAK ADA karena yang TIDAK ADA itu ADA”
    jadi lah umat beragama yg baik berdasar kebenaran yg telah DIA berikan ke pada kita masing2, persamaan dan perbedaan itu sama2 indah dan saling memperindah
    mari sama2 kembali ke pada NYA melalui jalan kita masing2..enjoy the trip ;)

  22. yudha ini mengatakan:

    hidup ini punya sejuta warna tak hanya hitam putih begitu adanya..agama HINDU dan BUDHA mengenalnya dengan nama REINKARNASI, dalam ajaran agama ku ISLAM dengan sedikit “pendekatan yang berbeda” mungkin menamainya “kehidupan alam barzah”..suatu gejala kehidupan yang memang benar2 ada, hanya saja kita sebagai manusia belum ada yang benar2 tau seperti apa “wajahnya” :)
    tidaklah benar meniadakan yang sudah ada karena kata orang bijak nih “tidak ada yang TIDAK ADA karena yang TIDAK ADA itu ADA”
    jadi lah umat beragama yg baik berdasar kebenaran yg telah DIA berikan ke pada kita masing2, persamaan dan perbedaan itu sama2 indah dan saling memperindah
    mari sama2 kembali ke pada NYA melalui jalan kita masing2..enjoy the trip ;)

    hidup INDONESIA!!!

  23. erik mengatakan:

    klo menurut saya reinkarnasi tidak ada…! karna bila sudah mati putus lah smua hubungan kita dngan yg hidup..!klo soal alam kubur kita tetap menjadi diri kita sendri dan tidak menjadi hal lain atau d lahirkan kembali di sana jadi itu bukan reinkarnasi…! bagi yg mati nya d bakar dan jdi abu..! d dunia saja sudah di perlihatkan siksaan nya dan sungguh ruh nya akan tersiksa karna tidak d terima juga d langit..! bumi akan melemparkan nya k langit dan langit akan menghempaskan nya k bumi bgitu terus sampai kiamat dan itu ada dalam alquran..! jadi yg bilang enak d bakar kalo mati silahkan coba karna walau sehangus apa pun seorang muslim tetap harus d kuburkan.
    jadi bagi yg percaya reinkarnasi atau akan hidup kembali setelah mati..! silahkan sucikan diri kalian dan saya akan dengan senang hati untuk mengakhiri hidup kalian dan tentu kalian juga akan senang karena kalian akan hidup kembali menjadi orang suci…! jadi kalo kalian memang punya argumen dan k yakinan yg kuat coba buktikan jngan hanya besar mulut..!
    ada yg bilang d atas yesus pernah bilang akan ada nabi lgi setelah dia yaitu muhamad..! dan dia bilang mungkin yesus bereinkarnasi menjadi muhamad..! klo gitu silahkan anda bersahadat karna nabi muhammad itu islam dan beliau menyembah allah tuhan kami..! klo anda tidak yakin kalo yesus berreinkarnasi menjadi nabi muhammad setidak nya anda ikuti kata2 yesus karna anda sedri bilang yesus mengakui ke nabian nabi muhammad…!
    bagi anda yg bilang ayat allah dalam alquran tumpang tindih..! sesungguh nya allah akan menutup mata dan juga hati dari orng2 kapir seperti kalian..dan itu ada dalam alquran dan tak perlu kalian menyuruh kami membuka alquran karna kami pasti akan membaca nya dan tak perlu kalian membaca atau mempelajari nya karna seperti yg allah firman kan tadi ALLAH AKAN MEMBUTAKAN MATA DAN JUGA HATI DARI ORNG2 KAPIR,tentu nya dalam mempelajari alquran karna alquran itu bahasa allah bukan bahasa arab itu sebab nya orang arab jarang menjadi juara dalam perlombaan MTQ. dan itu pula sebab nya isi dari alquran tak dapat d rubah tak seperti kitab2 suci yg lain yg brubah2 bahasa mungkin sebentar lgi ada kitab suci dengan bahasa gaul..! astagfiruallah..
    jdi kita memeng harus nerimo seperti hal nya ANDA harus menerima d lahirkan menjadi golongan orang orang kapir

  24. abdullah mengatakan:

    Assalamualaikum Wr.Wb
    hmm sungguh panjang artikel dan tanggapan dari para pembaca diatas, banyak kepala artinya banyak pendapat, beda pendapat adalah rahmat dari Allah SWT.
    Sungguh tak habis pikir kenapa sebagai muslim memikirkan reinkarnasi itu ada apa tidak?, coba dengan pengertian saya yang masih dangkal ini urun rembug ya, Anda sebagai muslim tentu sudah tahu manusia pertama yang diciptakan adalah Nabi Adam AS, anda tentu sudah tahu juga bahwa manusia adalah mahluk yang bisa berfikir(manusia itu cerdas bukan?) dan berakal ( maksudnya kita ini bisa menentukan baik buruk) nah kita ambil kesimpulan ya dari 2 hal tersebut:
    1.sebagai manusia apakah anda mau jadi binatang yang ga bisa berakal???(sori aku ga pernah jadi binatang dan ga akan pernah mau,derajatnya lebih rendah dari manusia)
    2.dalam Al Qur’an dijelaskan bahwa manusia diciptakan dari 1.tanah,2. darah,3.sari pati bumi , nah ga usah bingung bisa dijelaskan kok Nabi Adam adalah manusia pertama yang dibuat dari tanah kemudian ditiup ruh oleh Allah SWT al-imron 59, darah itu menunjukkan bahwa Nabi Isa As lahir dari rahim Maryam Al Imron 47, sedangkan sari pati tanah itu adalah air mani(lha kita makan dari hasil bumi lho) Al Mukminuun 12, oke berarti yang meniupkan ruh adalah Allah, tiada yang lain, Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit” Al- Isro 85 ,kenapa kita ngeyel bila Tuhan kita telah berkata begitu???
    3.sebaiknya saya dan umat muslim lainnya belajar terus tentang Cara Hidup Nabi Muhammad SAW sebagai representasi dari Al Qur’an sendiri, juga membaca Al-Qur’an dan Sunnah-sunnah, daripada membaca ajaran kitab agama lain,(tak kutip lagi ya

    “Saya akan bercerita tentang pemahaman reinkarnasi agar kita menjadi jelas :
    “Seperti halnya seseorang mengenakan pakaian baru, dengan meninggalkan pakaian lama, begitu pula, sang roh menerima badan-badan jasmani yang baru, dengan meninggalkan badan-badan tua yang tidak berguna lagi” (Bhagavad-gita 2.22)”

    maaf buku Bhagavad-gita ntu apaan ya??
    bukankan Nabi berpesan sebelum beliau meninggal agar kita memegang teguh Al Qur’an dan Sunnah.

    itu saja sebuah pendapat saya yang tentu tak lepas dari kesalahan, karena milik hanya Allah -lah pemilik kesempurnaan itu
    semoga bisa membangun pribadi yang lebih baik untuk kita semua, Wass. Wr.Wb.

  25. adi mengatakan:

    saya hanya ingin menjembatani saja, apabila barangkali belum terulas dari penjabaran diatas …

    dari beberapa kejadian nyata, beberapa orang mampu mengenali kehidupan seseorang yang diyakini reinkarnasi dirinya dimasa lampau secara detail dan benarannya 100% , bagaimana mungkin … ?

    ruang dan waktu sedikitpun tidak akan pernah hilang, baik masa lalu (sejarah) bahkan masa mendatang (takdir yang tertulis).
    pada intinya manusia bahkan bumi dapat menangkap memory tersebut bahkan keduanya (sejarah & takdir), namun manusia seringkali tidak mampu mengerti apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya sendiri, dan itulah yang menyakini mereka bahwa mereka mengalami reinkanmasi dari kehidupannya sebelumnya.
    contoh yang dialami bumi saat menangkap memori dahulu : beberapa orang pernah bersaksi melihat sebuah kehidupan yang mirip film peradaban masa lalu dari tanah/ dataran yang sebelumnya mereka sangat yakin bahwa tidak ada kehidupan seperti itu. di sana.

    hanya itu yang ingin saya sampaikan, semoga peradaban manusia bumi tumbuh pesat seperti peradaban planet lain.

    salam …. :D

  26. Gede mengatakan:

    Halaaaahhhh…..:)) kalian ribut aja… ngekor aja kok koar-koar… anti barat tapi terima Arab… budaya sendiri ditinggal…seperti ga punya jati diri… dan itulah yg terjadi di Indonesia skrg ini.. yg katanya mayoritas agamis… tapi… khikhikhi…;)) liat sendiri deh….

  27. Mulya mengatakan:

    Emang kita ini semuanya sudah pada ego, lupa pada diri sendiri malah senengnya nyalahin orang, coba sekali2 tunjuk diri sendiri dong sudah sampai dimana perjalanan kita sebagai Kholifah di muka bumi ini ? menurut aku sih ga usah dipermasalahkan deh tentang konsep reinkarnasi itu sebab yang penting ada atau tidaknya Rekinkarnasi toh ga akan mempengaruhi/menurunnya kuasa Allah Yang Maha Mengatur segalanya.
    Aku cuma ngingetin aja bahwa Agama yg kita anut saat ini tidak lain didapat karna warisan jadi artinya kita harus merawat dan menjaganya sendiri2 jangan urusin warisan orang lain sebab merekapun punya kewajiban yg sama utk merawatnya sendiri seperti kita. Toh kalo anda lahir dari seorang ibu siti Aminah niscaya kau akan diwarisi agama islam, jika dilahrkan ama Ci ling Mei niscaya akan menjadi seorang Tan Jiang Lie yg diwarisi budha atau jika dilahirkan dari seorang Ibu Margaretha niscaya akan diwarisi Ajaran Nasrani kecuali Allah berkehendak dengan caraNya yang lain Dst. jadi apapun yg telah diwariskan ini mari segera bersukur karena kita sudah terlahir jadi Manusia yang sama2 mendapat kasih dan sayang dari Yang Maha Pencipta. Dan jangan sekali2 kita memvonis seseorang adalah kafir karena itu bukan hak kita untuk memvonisnya melainkan itu Hak Allah untuk menentukan siapa yg kafir & siapa yang beriman karna hanya Allah yang tau sebenarnya dan ingatlah pesan Allah dlm Alqur’an : “Aku ciptakan kamu dengan berbagai suku bangsa agar diantara kamu saling mengenal ” iya toh ? bukan untuk saling memusuhi ? saling menyalahkan ? atau yang lebih edan lagi merasa bener sendiri ?!!!
    Kepada Semua saudaraku Mohon maaf atas segala kesalahan !!!
    Ya Allah berkahilah hati kami agar semua yg negatif yg selama ini menjauhkan aku dari Mu semuanya berganti dengan Cahaya Rahman & RahimMu dan biarkanlah Cahaya Rahman dan RahimMu selalu memasuki, memenuhi dan menerangi disetiap sudut hati kami agar hati kami dipenuhi oleh ketenangan, kedamaian dan kebahagiaan disetiap saat, Terima kasih Robb …. semoga Engkau tetapkan kebaikan untuk kehidupan dunia kami dan kehidupan akhirat kami. Amiiin.

  28. cntyk mengatakan:

    temanz yg muslim, coba baca gerakan theosofi di indonesia karya artawijaya, semoga dr buku itu kita bisa memahami sejarah tentang ghawzul fikr, gerakan kebatinan yahudi inilah yang mengakibatkankan banyaknya pemahaman yg salah, ya bs dibilang islam kejawen gitu. bbrp umat kristen pun mengalami penyimpangan krn gerakan theosofi ini. jd korbannyanya bkn umat islam aja…
    yg jelas islam agama yang berbeda dg agama2 lain, islam tidak terpengaruh dan tidak boleh dipengaruhi oleh budaya apapun…islam adalah alquran dan as sunnah, diluar itu tertolak, diluar itu bukan islam…
    dalam islam tidak ada reinkarnasi, islam jelas menegaskan ada kehidupan setelah kematian yaitu akhirat, surga atau neraka. jgn menyamakan kehidupan akhirat itu dg reinkarnasi, coba dr definisinya dan konteksnya aja udh beda… plis think smart…
    bukan bermaksud menyudutkan agama2 lain, hanya saja ini untuk jadi ajang pemikiran. coba pikir,,, ga pernah ada sistem ekonomi budha, hindu,konghucu, kita juga gak pernah denger ekonomi kristen, karena ekonomi yg ada sekarang (kapitalis) itu faktanya ditemukan oleh manusia yg bernama adam smith dkk….. tp ekonomi islam itu ada, ekonomi syariah, konsep bagi hasil, pelarangan riba, tidak boleh gharar, ada aturan utk akad, mudharabah, murabahah, hanya ada pasar rill, zakat harta dll dn klo dipelajari lebih dalam lagi aturan ekonominya jelas, lengkap dan tersistematis…, bahkan untuk memakai baju, makan, minum sampai masuk kamar mandi ada aturannya dalam islam, complete, ekonomi, budaya, nikah, warisan, talak, cara berpakaian, akhlak, hukum pidana, perdata, futuhat dll …. luar biasa, saya menemukan agama ini, dan saya merasa sangat beruntung, karena itu, bagi muslim, allah swt sdh mempercayakan agama ini pada anda, maka pelajarilah dengan benar dr alquran & as sunnah bukan buku2 lain buatan manusia, tahukah wahai muslim, sampai saat ini dalam sejarah manapun, tak ada yang pernah bisa membuat yg serupa spt alquran, bahkan 1 surat saja pun manusia dibumi ini sejak alquran turun smpai saat ini tak ada yg bisa menyamai atau membuat karya sastra yg sangat luar biasa seperti al quran, apalagi dlm konteks ilmu pengetahuan, isi al quran selalu sesuai dengan penemuan2 mutakhir abad ini….luar biasa… kini saya menemukan hidup, bahagia dengan islam, ajaran yg sempurna, memuasakan akal dan menentramkan hati… komplit… I take pride in Islam….

  • UFOnesia Twitter

    • monggo yang dr bogor.. RT ada yang dari bogor ga min? "@UFONESIA: Gathering bareng @betaufo minggu 14 Desember 2014 di Taman Ismali Marzuki 1 week ago
    • Nanti kita bareng2 dari UFOnesia dateng ke pertemuannya Btea-UFO yaa. bisa hub @mohcirfan WA 081213223424 #RETWEEET 1 week ago
    • Sahabat UFO, yang ingin hadir bisa hub terlebih dahulu WA 081213223424 untuk meeting poin lokasi. Dan, bareng2 ke pertemuannya Beta-UFO 1 week ago
    • Gathering bareng @betaufo minggu 14 Desember 2014 di Taman Ismali Marzuki yang beralamat di JL. Cikini Raya No.73, Jakarta Pusat. Ikut Yuk.. 1 week ago
    • @derryatmadja sisa M sama L doang nih, dan kebetulan M nya kayanya kecil kokk.. 1 month ago
  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: