ALIEN DATANG KE BUMI?


Melihat dari judulnya mungkin sudah dianggap menarik apalagi dengan adanya tayangan-tayangan film Hollywood di gedung bioskop atau berita-berita media massa dan elektronik mengenai “penampakan” pesawat makhluk asing yang terlihat di bumi kita, ataupun film-film yang sering kita lihat, menceritakan tentang Alien, mulai dari yang bersahabat dengan manusia sampai dengan monster yang tak kenal ampun. Sebenarnya yang ingin aku tulis dalam catatanku ini adalah bagaimana sikap kita sebagai muslim jikalau memang makhluk asing itu ada dan datang ataupun kita bertemu dengan mereka. Yang penting disini adalah bahwa yang kutulis disini adalah hanya sebuah reaksi dari pada wacana yang berkembang di sekitar kita sehingga aku berusaha menorehkan segala pikiranku yang berupa pendapat atau argumen yang kucoba sampaikan. Di mana aku mencoba menggunakan sudut pandang sebagai muslim dalam melihatnya. Aku rasa paragraf pembuka untuk temaku ini cukup sampai di sini.

Alien, menurut bahasa artinya asing, berbeda, yang bisa didefinisikan secara umum adalah segala sesuatu yang kita belum pernah tahu atau mengenal ciri-ciri dan sifat sesuatu tersebut. Jadi kusimpulkan segala sesuatu di dunia yang kita belum tahu atau mengenalnya adalah alien, contohnya terdapat jutaan spesies hewan di bumi ini, dimana yang telah kita ketahui jenis spesiesnya hanya beberapa persen saja dari jumlah keseluruhan. Sedangkan spesies lainnya yang belum diketahui bisa kita sebut sebagai alien. Namun yang kita bicarakan di sini adalah alien yang terkenal beritanya di mana-mana, yang katanya makhluk asing cerdas dari luar planet Bumi kita ini.

Mungkin manusia jaman ratusan atau ribuan tahun sebelum sekarang kurang belum mempunyai banyak pertanyaan mengenai apa yang di balik rahasia alam semesta, Karena belum majunya IPTEK pada masa itu sehingga keberadaan bumi sebagai salah satu planet daripada kemungkinan adanya trilyunan planet yang ada di angkasa raya, karena dalam galaksi Bima Sakti saja terdapat puluhan bahkan ratusan juta bintang-bintang sebagaimana matahari sebagai pusat tata surya. Jadi bisa kita bayangkan betapa banyaknya kemungkinan planet-planet yang ada dalam sebuah galaksi, apalagi dalam jagad raya yang isinya berjuta-juta galaksi seperti galaksi Bima Sakti tempat tata surya kita berada. Maka pada saat IPTEK telah maju sangat pesat seperti sekarang ini, kita akhirnya melek bahwa bumi adalah ibarat sebutir kerikil di hamparan luasnya padang pasir. Kemudian timbul pertanyaan yang serius di benak para ilmuwan: “Apakah kita sendirian?” Pertanyaan yang memang harus dibuktikan dengan bukti ilmiah.

Telah menjadi suatu perdebatan yang hangat mengenai keberadaan alien ini bagi kalangan ilmuwan. Apalagi apalagi banyak bukti tentang kemunculan UFO (Unidentified Flying Object) atau yang sering kita sebut “piring terbang”. Walaupun bukti-bukti tersebut masih dalam perdebatan apakah memang itu kendaraan makhluk asing dari luar angkasa atau itu adalah pesawat militer rahasia dari suatu kelompok/ negara atau malah hanya sebuah fenomena fisika di alam yang biasa. Dalam paragraf selanjutnya aku ingin memberikan pendapat dan juga data tentang informasi mengenai masalah alam semesta saat ini dan mencoba menjawab, dan akibat serta menyikapinya bila terbukti alien itu ada.

Dalam paragaraf ini saya ingin coba memberikan suatu dasar yang menjelaskan adakah kemungkinan makhluk asing (alien) menurut Al-Qur’an. Ketika saya buka terjemahan yang berbunyi:

Dan bagi Allah segala sesuatu yang ada di langit dan segala yang ada di bumi, dan cukuplah Allah menjadi pemelihara. Kalau Dia mau, niscaya Dia membinasakan kamu, wahai manusia, dan dia ganti dengan yang lain, karena Allah (berkuasa) atas tiap-tiap sesuatu. (Q.S. An-Nisa’: 132-133)

Dari ayat tersebut menerangkan kemungkinan adanya makhluk yang baru adalah bisa saja terjadi, karena Allah memiliki sifat Iradat (berkehendak). Namun tidak berarti bahwa ayat tersebut menjelaskan atau membenarkan tentang adanya makhluk luar angkasa yang cerdas bahkan mungkin melebihi kecerdasan manusia. Paragraf selanjutnya di bawah ini adalah penjelasan saya tentang adakah kemungkinan alien datang ke bumi.

BINTANG

Kemajuan teknologi astronomi yang canggih telah memberi gambaran jelas bahwa alam semesta yang kita diami ini luasnya tak terjangkau oleh ukuran baku yang kita jadikan sebagai nilai untuk mengukur luasnya alam semesta. Misalnya bintang terdekat dengan tata surya kita adalah alpha ceanturi yang jaraknya adalah 4,3 tahun cahaya (artinya lama perjalanan dari bumi ke tata surya di sana ditempuh 4,3 tahun dengan kendaraan secepat cahaya). Dapatkah anda bayangkan jarak sejauh itu? Yang perlu anda ketahui bahwa kecepatan cahaya menurut kesepakatan baku satuan internasional adalah 300.000.000 m/det.

Sekarang, seandainya ada planet yang memiliki kehidupan lebih cerdas dari manusia―yang mengorbit pada alpha centauri―mereka mampu “bertamasya” ke bumi, adalah bahwa cerita itu sulit untuk diterima, karena ada beberapa masalah atau alasan di dalamnya. Yang pertama adalah terbenturnya―gagasan alien telah menjelajahi angkasa menuju bumi―dengan teori relativitas Einstein. Teori relativitas waktu mengatakan bahwa apabila anda terbang ke tempat yang jauh di luar angkasa dengan kecepatan yang super cepat (misalnya hampir mendekati kecepatan cahaya) maka yang akan terjadi adalah waktu di pesawat anda bergerak relatif lambat sedangkan pengamat yang diam berlaku normal (relatif cepat). Artinya bila pesawat UFO sampai ke bumi sekitar 10 tahun dari planet di sekitar alpha ceanturi, maka kemungkinan umur planet bumi dan planetnya sudah sekitar ribuan tahun menurut pengamat yang berdiam di planet!! Masalah kedua yang timbul adalah menurut Einstein, tidak ada satu bendapun yang mampu melebihi kecepatan cahaya yang berarti cahaya adalah benda tercepat di jagat raya. Hal ini menyulitkan kemungkinan (kalau tidak mau dibilang mustahil) bahwa UFO adalah pesawat alien dari planet lain di luar tata surya kita. Kesimpulan ini dikarenakan kita tidak cukup memiliki bukti yang jelas tentang keberadaan dan kecepatan pesawat UFO itu, karena jika UFO “hanya” memiliki kecepatan―misalnya―di atas 50 mach (50 kali kecepatan suara atau 30-an kali kecepatan pesawat tempur F-16) atau masih di sekitar kisaran melebihi kecepatan suara―belum mendekati kecepatan cahaya―maka kecil kemungkinan UFO berasal dari luar tata surya kita, karena perjalanan ke bumi akan memakan ribuan tahun lamanya! Sedangkan jika UFO berasal dari dalam tata surya kita sendiri, para ilmuwan belum menemukan bukti bahwa ada kehidupan cerdas―selain di bumi―dalam tata surya kita. Jadi saya menyimpulkan, jika memang UFO itu ada―saya masih meragukannya―kemungkinan besar berasal dari bumi sendiri, dan bila itu kesimpulannya, maka merupakan suatu hipotesis yang harus memiliki bukti yang jelas.

ALIEN

Dari paparan di atas jelas bahwa kecilnya kemungkinan bahwa UFO (beserta alien cerdas) “berkunjung” ke bumi dari luar tata surya kita bahkan dari luar galaksi bima sakti (diameter bima sakti saja jauhnya 100.000 tahun cahaya), karena galaksi tetangga kita terdekat berjarak sekitar 160.000 tahun cahaya, atau seperti Andromedagalaksi Seperti bima Sakti yang berjarak 2,2 juta tahun cahaya! Lalu bagaimana seandainya telah ditemukan bukti yang kuat bahwa memang alien dan UFO itu ada―terlepas dari berbagai argumen yang melemahkannya―di depan mata kita? Bagaimana sebagai muslim kita menyikapinya? Maka cukuplah Dia yang menjelaskan dalam ayat Nya yang terjemahannya:

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) kecuali sebagai rahmat bagi seluruh ‘alam. (Q.S. Al-Anbiya: 107)

Ayat tersebut menjelaskan bahwa nabi Muhammad di utus Allah bukan hanya rahmat bagi manusia tetapi bagi seluruh alam semesta termasuk hewan, tumbuhan juga jin bahkan jika memang ada alien cerdas dari luar angkasa yang “mampir” ke bumi. Artinya bahwa mereka (alien) juga memiliki fitrah sebagai makhluk Allah untuk tunduk kepada-Nya, sehingga mereka juga berhak menerima dakwah―seandainya mereka belum beriman (islam)―sebagaimana bangsa jin mengimani Al-Qur’an, yang dijelaskan dalam surat Al-Jin ayat 1-3.

Kesimpulan dari tulisan saya mengenai keberadaan alien, jika mereka memang ada dan datang ke bumi adalah kewajiban muslim untuk berdakwah kepada mereka, dan biarlah para ulama ahli, yang memikirkan bagaimana sebaiknya hubungan kita dengan mereka.

Wallaahu’alam. (dari berbagai sumber)

About these ads
Comments
22 Responses to “ALIEN DATANG KE BUMI?”
  1. Hamba ALLAH mengatakan:

    Assalamualaikum. . . . . . .

    Ada beberapa orang yg berpendapat bahwa alien itu adalah jin.
    Bagaìmana menurut anda?
    Dan apakah ada ayat2 AL-QURAN ataw HADIST yg menyebutkan hal tersebut?

    Terimakasih. . . . . . . .

    • bockir mengatakan:

      mungkin lw alien itu emang da tapi lw tentang al_quran gada dan di hadis kan da hadisnya<yaitu lw tenteng dunia km yg tahu tp lw tentang agama maka tanyakan padaku

    • adnan mengatakan:

      alien adalah mahluk luar yg datang kebumi hanya untuk mempelajari perkembangan hidup manusia dan dia tidak menggangu manusia………dan jga hanya untuk mempelajari cara hidup sosialmanusia.

  2. Fahmi Rudiansyah mengatakan:

    Adahhhhh.mendingan lho mabok aja

  3. cumi mengatakan:

    menurut kabar yg gw baca sih alien sudah datang ke bumi bahkan suku maya,piramida,dan beberapa peradaban yg udah punah lainnya,,

    suku maya cukup misterius ,ktanya sih sempet di ajari oleh mahluk alien..

    klo ngk salah dulu waktu ngaji …kita berasal dari adam dan hawa yg di turunkan dari surga karena memakan buah terlarang..

    klo dipikir2 ngk mungkin kan tau2 2 orang tersebut muncul di bumi..tanpa proses sebab-akibat…

    pemikiran pertama orang bilang evolusi,monyet berubah menjadi manusia….tp skarang ini klo di hitung2 sudah lama bgt kita ngk berevolusi lg ya…kesimpulan evolusi monyet jd manusia itu hoax!!! klo bener ya kita mungkin berevolusi jadi alien di masa depan ,trus blik kemasa lalu ngjarin sambil liat2 nenek moyang kita lagi nyangkul..berkebun dan cicit dari cicit yang mana dia cicit dari cucu kita sementara kita alien gt ya…hufff ngk mungkin ….lagian kalo gt kapan jg kiamatnya…

    ohya alien jg dari jaman gw kecil sampe sekarang secara garis besarnya ngk pernah berubah(berevolusi)

    pemikiran laen…alien datang ke bumi memperbaiki gen dan DNA bla bla..dan menciptakan mahluk yg di namakan manusia ,dan di budaknya/pekerjanya di ajarkan ilmu-ilmu pengetahuan yg berguna ..dan karna satu,lain hal ..alien meninggalkan bumi..entah apa/kenapa..

    contoh
    suku maya bisa tau ukuran besarnya bulan ,matahari,dan lain2 bahkan ilmu yg bahkan lebih luas dari nasa… klo ada yg bilang tehnologi maya itu lebih modern dari kita menurut saya salah,coba aja liat prasastinya dr batu kan?dan memang tetap terlihat kuno dan ngk terlihat modern…apa mungkin suku maya punya pesawat dan astronot ?klo di lihat dari prasastinya sih ngk mungkin…lantas dari mana dia tau ukuran2nya bulan,bumi,jupiter,bla bla (masa pake mata doank)dan banyak hal tentang antariksa..,klo ngk percaya cari aja gambar2 artifak maya atau search di google tentang maya..cukup soal maya…karna topiknya bukan suku maya atau 2012(mancing2)

    yg bener pengetahuan dia lebih luas dari kita(zaman sekarang) karna sumbernya jelas2 dari alien…

    mungkin ALlah menyiapkan skenario seperti itu tentang kehadiran manusia di bumi…hehehe..ini cuma isapan jempol dari gw ..jangn di anggep serius..

    yg pasti klo ALLAH sdah berkehendak akan sesuatu pastilah itu terjadi…

  4. cumi mengatakan:

    “klo bener ya kita mungkin berevolusi jadi alien di masa depan ,trus blik kemasa lalu ngjarin sambil liat2 nenek moyang kita lagi nyangkul..berkebun dan cicit dari cicit yang mana dia cicit dari cucu kita sementara kita alien gt ya…hufff ngk mungkin ….lagian kalo gt kapan jg kiamatnya…”

    di perbaiki menjadi

    “klo bener ya kita mungkin berevolusi jadi alien di masa depan ,trus blik kemasa lalu ngjarin sambil liat2 nenek moyang mereka yg lagi nyangkul..berkebun..menanam jagung dan ternyata mereka cicit dari cicit yang mana dia cicit dari cucu kita yg berevolusi jadi alien di masa depan…hufff ngk mungkin kayanya manusia menemukan mesin waktu (dalam arti balik kemasa lalu dengan seenaknya ) ….lagian kalo gt kapan jg kiamatnya…”

  5. ricky mengatakan:

    ass……..

    ALLAH S.W.T
    psty pnya rncana sendiri knp ada alien

    kalau memang alien itu ada swatu saat nnty kita smua psti akan tau
    bagaimana bntuk nya, darimana asal nya, dan mengapa dia bisa berda ????

    yakinlah ALLAH S.W.T
    pasti punya rencana
    knp alien itu ada

  6. rickymaulana mengatakan:

    smua udah ada yg atur knp alien itu ada ……

    ALLAH S.W.T
    mnciptaqan makhluq’n di dunia bkan untuk b’musuhan
    tapi untuk saling b’sdara

    jd ga mgkn kalo …….
    ALIEN VS MANUSIA

    krn manusia pun gak m’ngusik ALIEN iya kan ??? ???

  7. MAUL mengatakan:

    sebenernya ELIEN di alam semesta itu ada apa tidak sii?aku kayak percaya gak percaya

  8. romanticndut mengatakan:

    emangnya emang ada alien itu????? :-/ >:-(

  9. veraclubvera mengatakan:

    kayanya kalaw ada alien manusia pasti lari!!!!!!!!!!!!

  10. qarrobin mengatakan:

    Alien adalah manusia penjelajah waktu

    salah satu nama Time traveller adalah
    Russian astrophysicist Dr. Nikolai Aleksandrovich Kozyrev, beliau tidak mati pada tahun 1983, tapi menembus waktu ke 1984 ketika men-in-black ingin membunuhnya

    yang lainnya adalah
    Louis Borges
    Alois Hiedler

  11. erich mengatakan:

    mdah2an alien n mc bersahabat ja da ckup

  12. erich mengatakan:

    ingat mc is ciptaan Tuhan yg tak terkalahkan

  13. KajiNe mengatakan:

    Hmmm.Alien ????

  14. napoleon tata kerry edy mengatakan:

    alien kurasa hanya lelucon orang orang kafir soalnya bukti bukti yang kongkrit tak ada hanya teori teori kalaupun ada pasti sebagai muslim kita harus berpikir secara logika orang orang kafirkan suka berkayal berlebihan mending nyari duwit dari pada mikirin alien sekarang jaman susah ndak usah mikir yang berat berat alieN!!!!!!!!!!!!!!!!BODO AMAT yang ada alieny cewek cantik tetanggaku

    #Kalau anda mungkin pikirannya hanya duit,duit dan duit tapi maaf klo saya TIDAK!

  15. mirzha mengatakan:

    saya baru tahu alien mau datang kebumi terlebih di kawasan Blok-M jakarta selatan apakah mereka mau belanja/mau mampir/mau terkenal di jakarta????

  16. DIKA mengatakan:

    Loe semua blom prnh ufo sih, jd klo dicritakin ufo ato alien pasti g’ percaya.

  17. tio mengatakan:

    ALIEN tidak bisa hidup di bumi
    kenapa???
    karna bumi mempunyai aliran listrik yang sangat kuat, dan itu akan merusak daya ekosistem benda tsb.

  18. dita mengatakan:

    yaAmpun . . .
    what??????/ da psaeat aliEn?????????
    mza cH??????/
    tkuT AKH,,,, HEHEHE

  • UFOnesia Twitter

    • Acara nya sendiri bertempat di Cafe Selasih Jl.Cikutra dari jam 5 sore sampai selesai. Ayo yg di Bandung yg ingin tahu kegiatan kami dtg ya! 1 week ago
    • Selamat malam Sahabat UFONESIA, Hari minggu Regional Bandung bakal ngadain 'Gathering Akhir Bulan'. Yang mau ikut bisa hub Yogi 087728266908 1 week ago
    • Selamat Ulang Tahun Indonesia #HBDIndonesia 2 weeks ago
    • @Redi_MCR sudah mas tadi malam. Untuk info Gathering selanjutnya bisa hub. Kang Yogi (087728266908). 2 weeks ago
    • Sore Sahabat UFOnesia.. Yang nanti malem mau ke selasih Cikutra untuk mengikuti gathering Regional Bandung bisa hub kang yogi (087728266908) 2 weeks ago
  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: