Carl Sagan :Sang Filsuf Modern (adv.buku Kosmos)


 

Kalo buku kita ibaratkan sebuah hidangan makan siang, maka buku Kosmos (The Cosmic), ini adalah makan siang yang lengkap dari appetizer sampai hidangan penutup, sedap dg berbagai rasa, penuh gizi yg bikin kita kenyang dan dalam satu waktu, kalori tubuh terpenuhi. Ng’gak banyak buku science populer setebal lebih dari 400 halaman, yg ng’gak perlu sering-sering mengerutkan dahi ketika membacanya.

Sagan dikenal sebagai tokoh yg berwibawa di bidang Astronomi. Tapi di buku ini ia menunjukan bahwa dirinya tidak hanya seorang astronom, tapi juga seorang free-thinker, filsof dunia modern, seorang multi-interest, dan pencerita yg handal.

Di buku ini mungkin kita berharap dapat banyak data astronomi. Ternyata Sagan memberi lebih dari itu. Di awal buku, Sagan bertutur tentang proses perenungan dan pola berfikir tokoh science zaman dulu, mulai dari periode Iona/Yunani Kuno, sampai jaman Isaac Newton. Sagan mencengkeram pembaca dengan kisah tentang Perpustakaan Alexandria (didirikan abad 3 SM). Disini ia membuktikan diri sebagai seorang pencerita handal. Di bagian ini kita dibuat merinding membayangkan aktivitas science di jaman dahulu yg begitu sakral dan mistis. Semua perenungan tentang science, selalu diawali dg sebuah perenungan spiritual dan filosofis. Jika science saat ini mencoba memisahkan diri dg Tuhan, maka kalian akan terkejut dg fakta bahwa penemuan dan gagasan scientific masa lalu diilhami oleh kitab suci dan kekaguman thd Tuhan. Kalau ada waktu, coba jelajahi di search engine ttg gagasan spiritual Isaac Newton (penemu konsep gravitasi), dan Johannes Keppler (penemu konsep garis lintasan edar planet).

Di buku ini selintas digambarkan kehidupan spiritual dan sisi manusiawi tokoh science besar seperti Einstein, Newton, Keppler, dan filsuf jaman Yunani kuno. Misalnya saja, apakah kalian tahu bahwa Einstein dan Leonardo da Vinci berasal dari desa yg sama, Tuscan. Einstein setiap pagi berjalan seperti orang yg sedang melamun, dan Da Vinci juga seorang pemimpi diatas sebuah bukit, dan ia mendapatkan inspirasi sketsa sebuah kendaraan terbang disana. Keppler adalah seorang umat beragama yg taat. Ia meramalkan gerak planet dan bintang di abad ke 17, dan menyatakan bahwa alam semesta adalah mesin besar yg bergerak dg mekanik yg teratur, dg disain yg mengagumkan.

Di bab lain, Sagan adalah seorang free-thinker. Ia membayangkan apa jadinya jika sebuah embrio makhluk berkembang di atmosfer yg sama sekali tidak mirip dg bumi. Ia membayangkan akan seperti apa sebuah kebudayaan berkembang, di sebuah planet jauh dari galaksi kita. Jika kalian pernah membaca rumus ttg berapa persen kemungkinan sebuah kehidupan bisa berkembang di alam ini, di buku Kosmos kalian akan mendapatkan penjelasan rinci ttg teori ‘probabilitas’ ini. Ia adalah seorang yg membuka diri thd kemungkinan adanya kecerdasan dari luar bumi.

Di bagian lain, ia mengutip peristiwa ledakan di hutan Tunguska-Siberia yg menghasilkan pola ledakan yg sangat aneh. Jika meteorit, pasti akan menghasilkan cekungan akibat tumbukannya, maka di Tunguskan yg terjadi adalah ledakan yg merata membakar areal hutan. Ada kutipan dari para saksi yg menggambarkan dahsyatnya peristiwa ini.

Buku ini boleh dibilang bukan sebuah buku yg sempat meraih best-seller di Indonesia. Mungkin pembaca dg interest yg sangat tajam ke bidang astronomi atau spiritualitas-science bisa disebut agak langka. Hanya sebagai sebuah karya tulis populer, buku ini layak dinikmati dan dikoleksi.

Carl Sagan sebenarnya pernah menulis buku yg mendapat pujian dunia perbukuan International, berjudul The Dragon of Eden. Sayang buku ini belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

By : http://greyrace.multiply.com/

Comments
One Response to “Carl Sagan :Sang Filsuf Modern (adv.buku Kosmos)”
  1. Yuli Setiawan mengatakan:

    Aku udah baca bukunya dan memang luar biasa. Setelah membaca buku itu saya melihat diri saya sendiri dan universe dengan sudut pandang yang berbeda …

    Btw, ada ga link e-book untuk buku The Dragon of Eden yang bisa di download secara free ?

    Belum ada mas..

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

%d blogger menyukai ini: