Reinkarnasi Menurut Bhuda


REINKARNASI Perjalanan Suci Sang Roh

Dalam perjalanan dharmanya Ida Pedanda Gde Made Gunung telah
berkenan untuk menyampaikan wacana di Pura Purna Pralina, Kelapa Dua, Depok, pada 4 Januari 2004. Acara yang dipandu oleh Dewa K Suratnaya (alumni STAH Dharma Nusantara Jakarta) ini terselenggara atas kerja sama antara Peradah DKI, Pesantian Pajak dan Banjar Purna Widya; setelah dharma wacana selama satu jam, diteruskan dengan dharma tula. Umat Hindu yang hadir lebih kurang sebanyak 300 orang.

Tiada Batas Ruang dan Waktu
Punarbhawa tidak terbatas ruang dan waktu, karena di alam roh tidak dikenal roh Arab, India, Cina, Bali dsb. Yang ada hanyalah roh besar, yang akan mengecil ketika mengisi wadag yang kecil, seperti semut misalnya; dan ia akan menjadi besar ketika mengisi wadag, seperti gajah. Roh tidak mengenal masa lampau, masa sekarang maupun masa depan; karena roh tidak terpengaruh oleh ketiga masa itu. Pedanda menegaskan bahwa punarbhawa tidak selalu terjadi dilingkungan keluarga saja, atau berasal dari leluhur. Punarbhawa bisa terjadi dari seluruh manusia di permukaan bumi ini. Bahkan punarbhawa bisa terjadi dari mahluk-mahluk lain, selain manusia.
Roh itu ibarat sekumpulan awan yang kemudian berubah menjadi titik-titik air hujan yang kemudian jatuh, ke bumi. Ada yang jatuh di laut, ada pula yang jatuh di darat. Dan titik air haujan, baik yang jatuh di laut maupun di darat sulit dikenali lagi karena sudah bercampur dengan air laut dan tanah. Baik air hujan yang jatuh di laut maupun di darat, nanti pada akhirnya berkumpul di laut juga. Yang jatuh di laut berarti kembali ke asal, karena awan berasal dari penguapan air laut, sedangkan yang jatuh di pegunungan akan menjadi tirtha. Manusia mati ibarat uap setitik air laut (roh individual) yang karena ringan naik keangkasa dan berkumpul dengan uap air-air laut (berbagai roh), membentuk awan (roh besar), yang lalu karena berat oleh muatan beban (karma wasana masa lalu), lalu jatuh kembali (punarbhawa) ke bumi. Gambaran ini merupakan gambaran perjalanan roh melalui punarbhawa yang tiada habisnya, sampai ketika suatu saat semua beban-beban yang memberatkan sang roh hilang lenyap, maka ia tidak akan jatuh lagi, tetapi menyatu dengan Hyang Widhi menuju moksa.
Oleh karena itu dalam pustaka Sarasamuccaya disebutkan, berbahagialah hidup menjadi manusia, karena dengan perbuatan baik akan mampu memperbaiki perbuatan buruk. Dan ini akan menjadi modal untuk kehidupan nanti melalui punarbhawa. Cerita tentang pelajaran punarbhawa ini disebutkan dalam pustaka Agastya Parwa (sebuah parwa aliran Siwa), melalui percakapan antara Bhagawan Agastya dengan putranya. Dan percakapan antara sang Bhagawan dengan putranya juga menjadi pelajaran untuk kita agar selalu terjadi komunikasi antara orang tua dengan anak-anaknya.

Punarbhawa di Bali
Pembuktian punarbhawa yang gamblang dan mudah dimengerti terdapat dalam keseharian kehidupan beragama umat HIndu di Bali. Untuk bayi yang berusia 12 hari sudah saatnya dicari sang punarbhawa-nya, yang menitis pada sang bayi; untuk mencari “sapa sira sane rawuh”. Umumnya akan didapat informasi tentang seseorang yang ingin “ngidih nasi” di keluarga ini ini melalui kelahiran sang bayi. Sebuah contoh kejadian nyata di India Selatan, seorang anak perempuan bernama Shanti Devi yang mampu mengenali benda-benda yang pernah dimilikinya dalam kehidupan sebelumnya di India Utara. Ia masih mengenali tempat-tempat tertentu dengan benda-benda tertentu, serta mengenali orang yang pernah hidup bersamanya.
Di Bali, setelah seorang anak dewasa, maka orang tuanya akan melihat betapa sang anak memiliki karakter, lagak dan gaya yang sama dengan seseorang yang mereka kenal tetapi sudah meninggal. Misalnya sang anak kelakuannya mirip dengan sang kakek atau nenek yang sudah almarhum. Ini merupakan cara mudah untuk meyakini eksistensi punarbhawa sebagai salah satu sradha umat Hindu.

Hidup Saat Ini
Kehidupan saat ini ibarat menulis permohonan untuk perjalanan kehidupan yang akan datang. Kita bersyukur kalau kehidupan nanti masih bisa menggunakan badan manusia, jangan sampai memakai badan binatang. Oleh karena itu harus diingat bahwa semua indrya ini adalah pinjaman dari Hyang Widhi; termasuk tubuh ini. Sehingga kalau kita tidak mampu memelihara “barang” pinjaman ini, maka kita pasti akan diberikan badan yang lebih jelek lagi; misalnya badan binatang atau tumbuh-tumbuhan. Dengan mengingat betapa “kecilnya” manusia ini dibanding dengan ciptaan yang ada di alam semesta ini, maka hendaknya manusia selalu sadar; bahwa semua ini akan berakhir, dan kita semua akan kembali menuju-Nya; untuk mengembalikan semua barang pinjaman tadi dan sekaligus mempertanggung-jawabkannya. Punarbhawa sebagai salah satu sradha yang harus selalu diyakini oleh umat Hindu, dan dipahami juga bahwa punarbhawa kita yang sekarang ini adalah proses untuk menuju punarbhawa berikutnya yang lebih baik.(gading sewu)

http://www.mediahindu.net/Berita%20Umat-07.htm

Comments
One Response to “Reinkarnasi Menurut Bhuda”
  1. taro mengatakan:

    PILIHAN JALAN !

    Kita dapat melihat bayi yang ada di dalam kandungan ibu melalui USG dia tertelungkup di dalam sana dan sesekali ia menggerak gerakkan badannya gerakan napasnya terlihat jelas ia seolah tertidur dengan tenang . Bahagiannya ibu itu melihat dan merasakan gerakan bayi yang di kandungnya .ibunya tentu berharap bayi yang di kandungnya lahir dan berkembang menjadi manusia yang dapat di banggakan dan berbakti kepada orang tuanya ,walau ia tidak tau dan tidak dapat merencanakan seperti apa bayi yang di lahirkannya nanti. sembilan bulan dalam kandungan akhirnya ibu itu melahirkan bayi yang di kandungnya .bayi yang masih polos suci bersih yang baru saja melihat dan merasakan udara yang segar di bumi. Mungkin terasa lain bagi bayi tersebut apa yang kemarin ia rasakan di dalam kandungan ibunya ,bayi yang belum bisa berbuat, hanya menangis yang dilakukan untuk mencari kebutuhan atau pertolongan dari ibu atau orang lain.bayi yang terasa ikhlas menjalani kehidupan di bumi ini terlihat sangat polos menerima apa yang ada pada dirinya walau ia sendiri mungkin tak pernah memesan,merencanakan, memboking tempat dimana ia lahir dan dari manakah asal keturunannya .

    Mungkin itu sekedar gambaran bahwa kita dilahirkan ke dunia ini tak pernah sebelumnya terpikir dan terencana oleh diri kita sendiri di negara manakah kita akan lahir atau dari suku apakah kita di lahirkan akan tetapi kita hanya menerima dengan ikhlas ataupun terpaksa tentunya kita tidak dapat menolaknya. 21 tahun atau 50 th kemudian anak yang di lahirkan kedunia itu sudah menjadi dewasa .Bercorak ragam manusia hidup di dunia ini ada yang yatim,piatu, miskin ,kaya ,cantik,perkasa ,buruk rupa,cacat,sakit, pandai ,bodoh,taat,ingkar,dlln.Terkadang kalau kita di karuniai kekayaan yang melimpah , harta ,kebun dan di karuniai tubuh yang cantik ,kedudukan yang tinggi kita banyak tidak bersyukur .harta yang banyak hanya untuk kesenangan dan kesombongan diri saja, tubuh yang cantik hanya untuk kesombongan seolah kekayaan dan kecantikan yang ada padanya itu miliknya .terkadang hiasan dunia melupakan kita kepada hakekat diri kita sendiri yang membuat kita sombong meremehkan orang lain.bahkan dengan kesombongan yang besar dengan tidak mau tau tidak mengenal apalagi untuk bersyukur kepada Zat yang memberikan karunia yang membuat kita menjadi sukses, mempunyai kecantikan dsg.Kita lupa akan kelemahan kita bahwa kita suatu saat akan menjadi renta keriput.suatu saat kita akan sakit .suatu saat kita akan kembali lemah .bahkan lebih lemah lagi pada saat kita datang pertama kali ke dunia ini.suatu saat nanti harta yang melimpah, keluarga yang banyak semua itu akan ditinggalkannya . suatu saat nanti kita akan mati, dan tidak ada satupun dari manusia yang dapat menghindari dari kematian, tidak akan dapat mengundurkannya ataupun mengajukannya bila waktu kematian kita telah tiba .Seandainya apa yang ada di muka bumi ini milik kita, seandainya kekuasaan yang ada di bumi ini milik kita, kecantikan yang kita punyai, anak ,saudara ,keluarga yang banyak .mereka sama sekali tidak dapat menggantikan sebagai alat penukar untuk kita hidup kembali .Manusia pada hakekatnya adalah mahluk yang lemah namun manusia merupakan mahluk yang di berikan, di karuniai akal ,nurani, perasaan ,kecerdasan ilmu pengetahuan untuk berkembang dan untuk menemukan hakikat kehidupan .

    Agama adalah petunjuk yang telah di dapat dan mampu di terima dengan nurani, akal perasaaan dan dengan ilmu pengetahuan.Agama mempunyai prinsip secara garis besar yaitu mengenalkan siapa kita .mengenalkan ttng penciptaan ,mengajarkan hidup yang baik dengan semua mahluk(moral), keseimbangan ekosistem .mengajarkan kehidupan setelah kematian. Agama di bawa oleh manusia yang di sebut dengan rosul dan nabi ada yang di ceritakan di dalam qs dan ada yang tidak di ceritakan di dalam qs.namun mereka mempunyai prinsip pengajaran yang sama yaitu mengenalkan tentang zat yang menguasai seluruh alam ini ( ketauhidan).YAHUDI NASRANI ISLAM Mpnyai prinsip ajaran yg sama yaitu kalimat TAUHID bhwa tdk ada tuhan yg berhak disembah selain zat yang menguasai semesta alam.bahwa hanya zat yang menguasai alam semestalah yg berhak disembah tdk satu penyetaraanpun dnganNyA HINDU. BHUDA. KONGHUCU. ANEMISME & PENYEMBAH MAHLUK/CIPTAANNYA.Pd umumnya mrk menyembah apa yg mereka anggap zat yg berkuasa ,yg dpt mengabulkan doa,yg dpt menolong ,zat yg menentukan segala urusan. Semua mahluk pasti memliki fitrah /dasar ttg ketuhanan ,behwa kehidupan ini ada yg menciptakan mengatur & megndalikan serta berkuasa atas kejadaian apa saja yg ada di alam semesta ini baik di bumi / di jagat raya yg tdk terbatas & tdk akan mungkin manusia utuk menjangkaunya ataupun di alam yg manusia tdk mengetahuinya ( ghoib).Dari semua keyakinan agama dpt kita tarik kesimpulan bahwa mereka memliki satu kesamaan yg tdk bisa ditolak yaitu mrk meyakini zat yg berkuasa atas kehidupan, alam semesta beserta seluruh yg ada padanya.suatu zat yg tdk membtuhkn mahluk yg diciptaknnya.Orang yang mengakui dirinya atheis atau tidak beragama pun pada dasarnya mereka meyakini bahwa ada kekuatan – kekuatan yang mengatur baik di dalam dirinya atau mengatur alam ini. DI DALAM AGAMA YAHUDI NASRANI ISLAM BHUDA HINDU KONGHUCU MAUPUN AGAM AGAMA LAIN DI MUNGKINKAN ADA PENYELEWENGAN KESALAHAN DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN AGAMA AKIBAT KEPENTINGAN PRIBADI MAUPUN KELOMPOK .

    MEPELAJARI SIFAT SIFAT ZAT YANG DI ANGGAP BERKUASA TERHADAP ALAM SEMESTA

    Dengan menggunakan nurani akal perasaan dan ilmu pengetahuan yang ada pada kita ,Kita mencoba mempelajari dan mengenal masing masing yang mereka anggap zat yang berkuasa dan mengendalikan seluruh alam ini .dengan tidak untuk bertengkar ataupun sesuatu yang mebuat kita terjebak dalam ruang yang tertutup yang membuat kita berhenti ,tidak berkembang sehingga tidak dapat menemukan jalan yang di tuju.

    ZAT YANG MENGUASAI ALAM DALAM AGAMA BHUDA

    Perlu ditekankan bahwa Buddha bukan Tuhan..
    Ketahuilah para Bhikkhu bahwa ada sesuatu Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak. Duhai para Bhikkhu, apabila Tidak ada Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Diciptakan, Yang Mutlak, maka tidak akan mungkin kita dapat bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu. Tetapi para Bhikkhu, karena ada Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak, maka ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu.
    . Ketuhanan Yang Mahaesa dalam bahasa Pali adalah Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang
    1 Suatu Yang Tidak Dilahirkan,
    2 Tidak Dijelmakan,
    3 Tidak Diciptakan dan Yang Mutlak”.
    4 Suatu yang tanpa aku (anatta),
    5 Yang tidak dapat dipersonifikasikan
    6 Yang tidak dapat digambarkan dalam bentuk apa pun.
    7 Tanpa awal dan tanpa akhir…

    ZAT YANG MENGUASAI ALAM DALAM AGAMA HINDU

    SIFAT SIFAT BRAHMAN = TUHAN SANG PENGUASA

    (Sumber filsafat Adwaita Wedanta yang berarti “tak ada duanya)
    Agama Hindu pada umumnya hanya mengakui sebuah konsep saja, yakni monoteisme.

    Brahman
    1 Merupakan pusat segala kehidupan di alam semesta,

    2 Merupakan sesuatu yang tidak berawal namun juga tidak berakhir.
    3 Merupakan pencipta sekaligus pelebur alam semesta.
    4 Berada di mana-mana dan mengisi seluruh alam semesta.
    5 Merupakan asal mula dari segala sesuatu yang ada di dunia.
    6 Segala sesuatu yang ada di alam semesta tunduk kepadaNya tanpa kecuali.
    7 Tidak ada yang setara denganNya
    8 Sang pencipta alam semesta.
    9 Hanya ada satu, tidak ada duanya
    10 Tidak terpikirkan (acitnya)
    11 Konsep panteisme disebut dengan istilah Wyapi Wyapaka. Kitab Upanishad dari Agama Hindu mengatakan bahwa Tuhan memenuhi alam semesta tanpa wujud tertentu, beliau tidak berada di sorga ataupun di dunia tertinggi namun berada pada setiap ciptaannya dan terdapat dalam setiap benda apapun

    Namun orang-orang bijaksana menyebutnya dengan berbagai nama sesuai dengan sifatnya yang maha kuasa. Nama-nama kebesaran Tuhan kemudian diwujudkan ke dalam beragam bentuk Dewa-Dewi, seperti misalnya: Wisnu, Brahma, Siwa, Laksmi, Parwati, Saraswati, dan lain-lain.

    Dalam konsep tersebut, posisi para dewa disetarakan dengan malaikat dan enggan untuk dipuja sebagai Tuhan tersendiri, melainkan dipuji atas jasa-jasanya sebagai perantara Tuhan kepada umatnya

    ZAT YANG MENGUASAI ALAM DALAM AGAMA ZOROASTER/KAUM PARSIS
    Para penganut Zoroaster atau kaum Parsis menyebut Tuhannya dengan sebutan ‘Ahora Mazda’. Kata ‘Ahora’ berarti Tuhan, dan kata ‘Mazda’ berarti bijaksana. Jadi ‘Ahora Mazda’ berarti Tuhan Yang Maha Bijaksana.
    Dia mempunya beberapa nama, di dalam kitab Dasatir.=
    1 Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa,
    2 Dia yang tidak mempunyai anak,
    3 Dia yang tidak memiliki asal dan tidak memiliki akhir,
    4 Dia tidak mempunyai bapak, ibu, istri dan anak.
    5 Dia tidak mempunyai rupa (wujut/gambaran),
    6 Dia berada diluar jangkauan pikir manusia,
    7 Tidak ada yang setara dengan-Nya,
    8 Tidak satupun orang yang bisa menyaksikan-Nya.
    9 Dia berada di luar jangkauan manusia.
    10 Dia lebih dekat daripada diri Anda sendiri.
    11.Dia Sang Pencipta’. (kitab yasna)
    12 Yang Maha Perkasa’,
    13 Yang Maha Besar’.
    14 Yang Maha Pemurah’. (kitab Yasna )
    15 Yang Maha Pengasih’. (kitab Yasna, )

     ZAT YANG MENGUASAI ALAM DALAM AGAMA KONGHUCU
    1 Ru Jiao atau agama Konghucu adalah agama monoteis,
    2 Percaya hanya pada satu Tuhan, yang biasa disebut sebagai TIAN
    3 Tuhan Yang Maha Esa atau SHANGDI (Tuhan Yang Maha Kuasa).
    4 Tuhan dalam konsep Konghucu tidak dapat diperkirakan dan ditetapkan,
    5 Namun tiada satu wujud pun yang tanpa Dia.
    6 Dilihat tiada nampak, didengar tidak terdengar, namun dapat dirasakan oleh orang yang beriman.
    ( Dalam Yijing dijelaskan bahwa );
    – Tuhan itu Maha Sempurna dan Maha Pencipta (YUAN) ;
    – Maha Menjalin, Maha Menembusi dan Maha Luhur (HENG) ; – Maha Pemurah, Maha Pemberi Rahmat dan Maha Adil (LI),- — Maha Abadi Hukumnya (ZHEN).

    MENGENAL ALLAH

    Allah telah mengenalkan diriNya sejak mahluk / manusia pertama kali di ciptakan melalui nabi dan rosul.yaitu manusia yang di pilih untuk menyampaikan tentang nama – nama dan sifat – sifatNya .Oleh nabi dan rosul ada yang di bukukan menjadi kitab dan ada yang tidak di bukukan menjadi kitab hanya berupa suhuf (lembaran tulisan).Di dalam al qur’an allah mengenalkan menyebutkan tentang diriNya dengan 99 nama atau sifat Asma ulhusnah yaitu :

    1. ALLAH
    Zat yang mempunyai arti dari seluruh pengertian yang terkandung di dalam seluruh nama nama allah yang wajib di puji ,yang benar benar berkuasa di atas segala galanya

    2. ARRAHMAN
    Maha pengasih, kepada seluruh mahluk dengan memberikan rahmat kepada seluruh umat baik yang beriman ataupun tidak beriman.semuannya di beri kesehatan ,rezeki,kenikmatan ,kesejahteraan untuk kelangsungan hidup di dunia yang sementara

    3. ARRAHIM
    Maha penyayang kepada hambanya yang beriman yang tidak dapat di nilai dengan harta benda dan kenikmatan apapun di dunia dan khusus di berikan kepada manusia yang beriman kelak di alam akhirat nanti

    4. AL MALIK
    Yang menguasai dan merajai seluruh alam ini baik manusia hewan ataupun alam ngoib.

    5. ALKUDUS
    Yang maha suci ,yang bersih dari segala sifat kurang

    6. AS SALAM
    Dialah yang menyelamatkan seluruh alam ,dan hanya Dialah yang Maha terjaga dari segala cacat dan kekurangan.

    7. AL MUKMIN
    Dialah yang mengamankan seluruh mahluknya dan Dia pulalah yang mempercayai akan rosul rosulnya.

    8. AL MUHAIMIN
    Dialah yang memelihara dan mengamati semua mahluknya dengan seteliti telitinya.

    9. AL AZIZ
    Dialah yang maha gagah perkasa ,yang dapat mengalahkan siapapun termasuk memusnahkan alam semesta ini

    10. AL JABAR
    Dialah yang pemaksa ,yang sanggup memaksa mahluknya menuruti kehendaknya

    11. AL MUTAKABBIR
    Dialah yang berhak mempunyai keagungan dan kesombongan.

    12. AL KHOLIQ
    Dialah yang menciptakan segalannya,yang Maha pencipta menciptakan sesuatu tanpa bantuan dan pertolongan

    13. AL BARI”
    Dialah yang merencanakan segala sesuatu sebelum terjadi .Dialah pelaksana kejadian yang telah di rencanakan

    14. AL MUSHAWWIR
    Dialah yang menciptakan segala bentuk dan rupa.Dialah yang menciptakan segala rupa mahluknya ,yang gagah ,yang cantik yang indah dan apa yang sesuai kehendaknya.

    15. ALGOFFAR
    Dialah yang Maha pemberi ampun ,Dialah yang memberi ampun kepada hambanya yang mau bertaubat dengan sungguh sungguh walau dosa bertumpuk seluas bumi

    16. AL QOHHAR
    Dialah yang Maha memaksa kepada mahluknya kepada yang Dia kehendaki

    17. AL WAHAB
    Dialah yang Maha pemberi .yang memberi kepada sekalian mahluk apabila di minta.

    18. ARRAZAQ
    Dialah pemberi rezeki kepada semua mahluknya untuk kebutuhan hidupnya.Dia pulalah yang menetukan banyak sedikitnya rezeki yang di bagikan kepada hambanya

    19. AL FATTAH
    Dialah Zat yang Maha pembuka dan mencurahkan rahmatnya kepada semua mahluk nya.

    20. AL ALIM
    Dialah yang Maha mengetahui segalanya .semua kejadian dan peristiwa di alam semesta ini di ketahui olehnya sekalipun jatuhnya daun ,berjalanya semut semuanya di ketahuiNya

    21. ALQOBIDHU
    Dialah yang berkuasa untuk menyempitkan hidup dan mengurangi rezeki seseorang

    22. AL BASITHU
    Dialah yang memberikan kelapangan rezeki bagi mahluknya,

    23. AL KHAFID
    Dialah Zat yang menurunkan derajad seseorang menurut kehendakNya,

    24. ARRAFI”
    Dialah zat yang meninggikan derajat seseorang yang di kehendakinya

    25. AL MUIZ
    Dialah yang memberi kemuliaan kekuatan dan kemenangan kepada seseorang

    26. AL ,MUHDHIL
    Dialah zat yang merendahkan dan menghinakan kepada hambanya

    27. AS SAMI”
    Dialah yang Maha mendengar ,segala sesuatu,baik itu yang lirih ,yang keras ,atau pun yang rahasia di dengar oleh Allah

    28. AL BASHIIR
    Dialah zat yang melihat segala sesuatu baik yang besar ,kecil,halus ,jauh,maupun dekat,bagi Allah semuanya dapat di lihat tanpa ada perbedaan

    29. AL HAKAM
    Dialah zat yang menetapkan segala hukum kepada mahluknya

    30. AL ADLU
    Dialah yang berlaku adil di dalam hukum,dan ketetapanya

    31. AL LATIF
    Dialah yang mengasihi semua mahluknya serta mengetahui semua perkara sampai sehalus halusnya

    32. AL KHABIR
    Dialah yang mengetahui segala perkara batin yang tersembunyi serta mengetahui hakikat dari segala perkara dan kejadian

    33. AL HALIM
    Yang Maha penyantun dan penyabar ,termasuk terhadap orang yang di murkai ,namun telah bertobat,

    34. AL ADHIM
    Dialah yang Maha agung, agung di dalam segalannya zat nya dan sifat nya .tidak ada yang melebihi keagungannya

    35. AL GHOFUR
    Dialah zat yang Maha pengampun .yang memberikan ampun kepada hambanya yang mau bertobat dengan sebenar benarnya ,walau mereka mempunyai dosa yang bertumpuk tumpuk

    36. AS SYAKUR
    Dialah yang sangat berterima kasih , Dia pasti membalas tiap pujian dan sanjungan atau ibadah manusia yang di tujukan kepadanya

    37. AL ALIY
    Dialah yang Maha tinggi martabatnya.

    38. AL KHABIR
    Dialah zat yang besar.

    39. AL HAFIDH
    Dialah zat yang melindungi serta memelihara ,melindungi mahluknya dari kerusakan dan bahaya

    40. AL MUQIT
    Dialah yang menyediakan makanan dan minuman kepada mahluknya tanpa kecuali

    41. AL HASIB
    Dialah zat yang mencukupi dan memperhitugkan segala hal yang telah di ciptakanya dengan seteliti telitnya.

    42. AL JALIL
    Dialah yang Maha agung dan mulia.

    43. AL KARIM
    Dialah zat yang Maha pemurah yang memberi Rezeki kepada semua mahluk nya tanpa terkecuali .

    44. AR ROQIB
    Dialah zat yang Maha mengamati segala hal sehingga tiada sesuatu kejadian pun yang terlepas dari pengamatanya .

    45. AL MUJIB
    Dialah yang menerima doa hambanya ,

    46. AL WASI”
    Dialah yang Maha luas kekayaanya Sehinga sanggup memenuhi kebutuhan semua mahluknya

    47. ALHAKIM
    Dialah zat yang Maha bijaksana segala sesuatu dia ciptakan bukan sia sia tetapi ada tujuan yang hanya Dialah yang mengetahui

    48. AL WADUD
    Dialah zat yang amat mencintai para walinnya yaitu orang yang menjadikanNya sebagai tujuan hidupnya . orang yang demikian inilah kekasihNya.

    49. AL MAJID
    Dialah zat yang amat mulia dan luhur.

    50. AL BAIST
    Dialah zat yang membangkitkan semua mahluk manusia yang telah mati untuk di hidupkan kembali di akhirat kelak

    51. AS SYAHID
    Dialah yang menyaksikan sehingga tak ada barang pun yang ngoib baginya

    52. AL HAQ
    Dialah yang benar dan selalu bertindak benar

    53. AL WAKIL
    Dialah zat yang melakasanakan segala urusan mahlUknya

    54. AL QOWIY
    Dialah zat yang Maha kuat,tidak pernah merasa lemah

    55. AL MATIN
    Dialah zat yang Maha sempurna kekuatanya

    56. AL WALIY
    Dialah penolong dan pengendali seluruh urusan mahluknya

    57. AL HAMID
    Dialah zat yang berhak dipuji selain Dia tidaklah patut menerima pujian

    58. AL MUHSYU
    Dialah zat yang memperhitungkan amal perbuatan manusia untuk mendapat balasan yang setimpal dari amal perbuatannya itu

    59. AL MUBDIU
    Dialah zat yang memulai segala sessuatu dan pencipta dari segala yang asalnya tidak ada.

    60. AL MUID
    Dialah zat yang mengulangi kejadian segala sesuatu yang sudah rusak dan lenyap

    61. AL MUHYI
    Dialah zat yang memberikan kehidupan bagi mahluknya

    62. AL MUMIT
    Dialah zat yang mematikan mahluknya

    63. AL HAYYU
    Dialah zat yang hidup dan tidak berakhir,kekal abadi

    64. AL QAYYUM
    Dialah zat yang mengurus segala urusan mahluknya

    65. AL WAJID
    Dialah zat yang mendapatkan apa saja yang Dia dikehendaki

    66. AL MAJID
    Dialah zat yang bersifat agung dan tinggi

    67. AL WAHID
    Dialah zat yang Maha esa,yang Maha tunggal ,tiada yang lainnya

    68. ASH SHAMAD
    Dialah zat tempat memohon dan mengadu bagi hambanya

    69. AL QODIR
    Dialah zat yang Maha kuasa ,yang sanggup melaksanakan apasaja tanpa tergantung kepada waktu dan keadaan

    70. AL MUQTADIR
    Dialah zat yang memegang kekuasaan dari setiap orang yang mempunyai kekuasaan

    71. AL MUQODDIM
    Dialah zat yan mendahulukan sesuatu atas yang lainnya

    72. AL MUAKHIR
    Dialah zat yang mengakhirkan atas yang lainnya

    73. AL AWWAL
    Dialah zat yang tiada berawal.dan Dia pulalah permulaan dari segala yang wujud

    74. AL AAKHIR
    Dialah zat yang tiada berakhir.tiada berakhir zat dan wujudnya

    75. ADH DHAHIR
    Dialah zat yang amat nyata,nyata tanda tandanya dengan membuat alam beserta isinya tanpa meniru

    76. AL BATHINU
    Dialah zat yang ghoib,tidak mungkin di ketahui unsur unsurnya

    77. AL WALIY
    Dialah zat yang mengetahui segala urusan mahluknya

    78. AL MUTA”ALY
    Dialah zat yang Maha tinggi dari segala yang tinggi

    79. AL BIRR
    Dialah zat yang berbuat baik dengan segala kebaikan

    80. ATTAWWAB
    Dialah zat yang menerima taubat hambanya dan memberikan nikmat kepada orang orang yang berdosa setelah bertaubat

    81. AL MUNTAQIM
    Dialah zat yang berhak membalas segala dosa dengan siksa

    82. AL AFUWW
    Dialah zat yang banyak memberikan maaf kesalahan manusia

    83. AR RAUF
    Dialah zat yang sangat banyak memberi rahmat kasih sayang

    84. MALIKUL MULKI
    Dialah zat yang memiliki semua kekuasaan dan berkuasa melakukan apa saja yang dia miliki

    85. DZUL JALALI WAL IKRAM
    Dialah zat yang memiliki segala kemuliaan dan kesempurnaan

    86. AL MUQSITH
    Dialah zat yang sangat adil dalam memberikan hukuman

    87. AL JAMI”
    Dialah zat yang menghimpun segala hakikat

    88. AL GHANIY
    Dialah zat yang Maha kaya ,yang tidak membutuhkan apa pun dan kepada siapapun

    89. AL MUHGHNIY
    Dialah zat yang memberikan kekayaan kepada setiap hamba nya

    90. AL MANI”
    Dialah zat yang menolak dan mencegah apa yang harus di cegah

    91. ADH DHARR
    Dialah zat yang merusak segala yang di kehendakinya

    92. AN NAFI”
    Dialah zat yang memberikan manfaat kepada hambanya

    93. AN NUR
    Dialah zat yang bercahaya dan menciptakan cahaya

    94. AL HADIY
    Dialah zat yang memberi petunjuk bagi hambanya yang Dia kehendaki

    95. AL BADI”
    Dialah zat yang menciptakan sesuatu yang sebelumnya belum pernah ada

    96. AL BAQY
    Dialah zat yang kekal adanya, tiada berakhir

    97. AL WARITS
    Dialah zat yang tetap ada setelah musnahnya segala sesuatu

    98. AR RASYID
    Dialah zat yang Maha pandai ,yang benar segala susunan dan aturan aturan yang di tetapkannya

    99. ASH SHABUR
    Dialah zat yang Maha sabar,tidak tergesa gesa menurunkan siksa kepada hambanya .

    DI ANGGAP SEBAGAI ZAT YANG MENGUASAI ALAM

    (Ada sebagian orang menganggap bintang dll, mempunyai kekuatan untuk mengatur alam ini.)

    BINTANG

    Merupakan benda langit yang jumlah ribuan bahkan jutaan tersebar di angkasa mengeluarkan sinar dan tidak kekal

    MATAHARI
    Penduduk asli Peru mempunyai hari raya tahunan yang dirayakan pada saat- saat matahari berada pada jarak terjauh dari katulistiwa dan penduduk asli ini disebut Inca. Kata “Inca” berasal dari kata “Ina” dalam bahasa Sanskerta yang berarti “matahari” dan memang orang- orang Inca adalah pemuja Surya. Salah stu dari sistem tata surya yang di kelilingi planet planet mengeluarkan gas energi yang suatu saat akan habis atau tidak kekal
    BULAN

    Salah satu satelit bumi merupakan benda yang unsur unsurnya hampir sama dengan bumi tapi oksigen sedikit

    DEWA

    Zat yang di anggap sebagai tuhan jumlahnya banyak dan mempunyai fungsi masing masing . pemelihara .yang merusak ,yang menciptakan dlln

    MALAIKAT

    Sumber dr alqu”an Mahluk yang di ciptakan yang mempunyai sifat tidak tampak ,tidak laki / perempuan yang selalu taat kepada perintah jumlahnya melebihi jumlah manusia yang mempunyai tugas masing masing , pengatur pencabut nyawa dll

    PATUNG /BERHALA

    Zat yang di buat manusia dengan berbagai bentuk sesuai keinginan manusia dengan bahan bahan dari batu ,es, roti dlln ada yang menganggap sebagai perantara untuk dapat mengabulkan doa yang mengatur alam dan sbg

    ROH LELUHUR

    Nyawa dari manusia yang telah meninggal dunia,jumlah sama dengan jumlah manusia ,tidak tampak,ada yang menganggap dapat memberikan sesuatu ,menolong dlln
    Sumber alqur”an roh orang yang meninggal akan kembali kepada zat yang menciptakan, dia tinggal menunggu balasan dari amal yang di lakukan di dunia.dan tidak di berikan ilmu ttg roh kepada manusia melainkan sedikit.

    JIN

    Sumber dr alquran Mahluk yang di ciptakan bersifat tidak tampak ,laki dan perempuan ,ber umur panjang ,ada yang taat dan ada yang tidak taat.

    TOKOH MASYARAKAT YANG TELAH MENINGGAL

    Manusia yang di anggap suci bila meninggal dunia ada yang menganggap mampu mengabulkan doa , memberikan kesejahteraan,mengampuni dosa dlln

    UTUSAN ZAT YANG MENGUASAI SELURUH ALAM SEMESTA

    Sumber al qu”an Allah mengutus rosul dan nabi ada yang di ceritakan di dalam alqur”an dan ada yang tidak di ceritakan di dalam alqur”an.sebanyak 1240 nabi yang mengajak ketauhidan illaullah. Namun yang di ceritakan di dalam alqur”an hanya 25 nabi dan 4 rosul .dalam menerima wahyu nabi / rosul ada yang membukukan dalam bentuk kitab suci dan ada yang tidak membukukan dalam bentuk kitab suci,hanya berupa suhuf suhuf (lembaran )

    1 ADAM
    2 IDRIS
    3 NUH
    4 HUD
    5 SHOLEH
    6 IBROHIM—— = Berupa SUHUF SUHUF/ LEMBARAN2 3000 SM
    7 LUHT
    8 ISMAIL
    9 ISYAK
    10 YAKUP
    11 YUSUP
    12 AYUP
    13 SUAIP
    14 MUSA———= dengan kitabSUCI TAURAT ( YAHUDI ) 2000 SM
    15 HARUN
    16 ZULKIFLI
    17 DAUT ——— = dengan kitab SUCI ZABUR (YAHUDI )
    18 SULAIMAN
    19 LYAS
    20 ILYASA
    21 YUNUS
    22 YAKARIA
    23 YAHYA
    24 ISA ———– = dengan kitab SUCI INJIL ( NASRANI ) 1 M
    25 MUHAMMAD——- = dengan kitab SUCI AL QURAN ( ISLAM ) utusan paling akhir dan penutup dari para nabi dan rosul.

    Para nabi dan rosul mempunyai tugas/prinsip yang sama yaitu tentang kalimat tauhid bahwa tidak ada yang berhak di sembah kecuali zat yang menguasai alam semesta ini.Para nabi dan rosul hanya sebatas menyampaikan dengan tidak menambah atau mengurangi sedikitpun apa yang di dapatnya.

    BEBERAPA NABI DALAM AGAMA KONGHUCU
    ( Nabi pertama yang tercatat dalam sejarah Ru Jiao) adalah ;
    – Fu Xi, hidup pada 30 abad sM, yang mendapat wahyu dan menuliskan Kitab Yi Jing atau Kitab Perubahan.
    – Fu Xi beristrikan Nabi Nu Wa, yang menciptakan Hukum Perkawinan. Sejak saat itu anak bukan lagi dianggap anak ibu saja, melainkan juga anak ayah
    – Nabi perempuan lain, yaitu Lei Zu, Jiang Yuan dan Tai Ren.
    – Nabi lain yang masih dikenal antara lain Huang Di, Yao, Sun, Xia Yu, Wen, Zhou Gong atau Jidan dan terakhir Kongzi.
    – Kitab Yi Jing yang kita kenal sekarang tidak ditulis oleh Fu Xi belaka, namun ditulis dan disempurnakan oleh 5 (lima) nabi yang mendapat wahyu dalam tempo berlainan, yaitu : Fu Xi, Xia Yu, Wen, Zhou Gong dan Kongzi.

    Bila MEREKA mengajarkan ttg
    asmaul husnah atau ke tauhidan boleh jadi MEREKA ADALAH NABI NABI YANG DI UTUS zat yang menguasai seluruh alam yang TIDAK DI CERITAKAN di dalam alqu”an
    ADA KEMUNGKINAN BAHWA NAMA NAMA NABI MEMPUNYAI NAMA /PANGGILAN YANG BERBEDA TERGANTUNG TEMPAT ATAU SUATU WILAYAH.

    Mari kita nilai / evaluasi diri kita masing masing APAKAH KITA SUDAH MENGGUNAKAN NURANI, AKAL, HATI ,ILMU PENGETAHUAN UNTUK MENGETAHUI DAN MENGENAL TANDA TANDA/ SIFAT SIFAT ZAT YANG MENGUASAI SELURUH ALAM INI apakah KITA MASIH DI BELENGGU NAFSU YANG ,HANYA MENGIKUTI KEBIASAAN KEBIASAAN ORANG TUA KITA ATAUPUN NENEK MOYANG KITA TANPA ILMU PENGETAHUAN YANG TELAH DI ANUGRAHKAN KEPADA MANUSIA. Ataupun masih asyk di sibukkan dengan kesenangan kesenangan dunia sehingga lupa untuk mengetahui dan mengenalNya bahkan untuk bersyukur kepadanya.

    ZAT YANG MENGUASAI ALAM TIDAK BUTUH DISE MBAH
    Sumber al qur”an BAHWA DIA TIDAK BUTUH UNTUK DI SEMBAH JIKA MANUSIA KAFIR MAKA KEKAFIRAN ITU TIDAK MERUGIKANNYA SEDIKITPUN KARENA SESUNGGUHNYA APA YANG ADA DI LANGIT DAN DI BUMI ADALAH KEPUNYAANYA,DAN DIA MAHA MENGETAHUI LAGI MAHA BIJAK SANA

    TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK MEMASUKI AGAMA
    Sumber al qur”an BAHWA TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK MENGIKUTI AGAMA SEBAB TELAH JELAS JALAN YANG BENAR DAN YANG SALAH .

    KEHIDUPAN AKHIRAT ( SETELAH KEMATIAN)
    Sumber alqur”an KEHIDUPAN AKHIRAT ADALAH UNTUK ORANG ORANG YANG TIDAK MAU MENYOMBONGKAN DIRI. JIKA MEMBAWA KEBAIKAN MAKA AKAN MENDAPATKAN BALASAN NYA YANG LEBIH BAIK DARI YANG DI KERJAKANNYA. NAMUN JIKA MEMBAWA KEBURUKAN / KEJELEKAN AKAN DI BALAS SESUAI DENGAN APA YANG DI PERBUATNYA.

    Sifat kodrati atau watak sejati manusia (Xing) menurut Agama Konghucu adalah bersih dan baik, karena berasal dari Tian sendiri. Agar sifat baik ini bisa terpelihara, maka manusia perlu berupaya hidup di dalam Jalan yang diridhoi Tuhan (Jalan Suci, Dao). Bimbingan agar manusia dapat hidup dalam Jalan Suci disebut agama. Dengan demikian menjadi jelas bahwa agama diciptakan oleh Tuhan dan disampaikan oleh para nabi untuk kepentingan umat manusia. ( sumber dari agama konghucu )
    Keselamatan,kesejahteraan,keridhoan, adalah jika mempunyai ketauhidan yang benar dan untuk dapat mempunyai ketauhidan yang benar tidak ada jalan lain kecuali mengikuti jejaknya para nabi / rosul. Muhammad saw adalah nabi yang terakhir ,penutup para nabi dan rosul, menjadi uswatun khasanah /contoh yang baik untuk manusia. ( sumber al qur”an )

    Aku berlindung kepada zat yang menguasai seluruh alam dari godaan setan yang terkutuk
    Dengan menyebut zat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

    1. Apabila terjadi hari kiamat,2terjadinya kiamat itu tidak dapat di dustakan (di sangkal) 3. ( kejadian itu ) merendahkan (satu golongan ) dan meninggikan ( golongan yang lain) 4. apabila bumi di goncangkan sedasyat-dasyatnya 5. dan gunung gunung di hancurkan sehancur hancurnya 6. maka jadilah dia debu yang berterbangan 7. dan kamu menjadi tiga golongan. 8. Yaitu golongan kanan . Alangkah mulianya golongan kanan itu 9. Dan golongan kiri. Alangkah sengsaranya golongan kiri itu . 10. Dan orang orang yang paling dahulu beriman ,merekalah yang paling dulu (masuk surga). 11. Mereka itulah orang yang di dekatkan ( kepada zat yang menguasai seluruh alam).12. Beradaa dalam surga kenikmatan. 13. Segolongan besar dari orang orang yang terdahulu , 14. dan segolongan kecil dari orang orang kemudian. 15. Merka berada diatas dip[an yang bertahtahkan emas dan permata,16. seraya bertelekan diatasnya berhadap- hadapan.17. Mereka dikelilingi oleh anak anak muda yang tetap muda,18. dengan membawa gelas ,cerek,dan seloki (piala) berisi minuman yang di ambil dari air yang mengalir,19. mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk,20. dan buah buahan dari apa yang mereka pilih,21. dan daging burung dari apa yang mereka inginkan. 22. Dan ( didalam surga itu ) ada bidadari yang bermata jeli,23. laksana mutiara yang tersimpan baik.24. Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.25. Mereka tidak mendeengar di dalamnya perkataan yang sia –sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa,26. akan tetapi mereka mendengar ucapan salam.27. Dan golnan kanan, alangkah bahagiannya golongan kanan itu .28. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri,29. dan pohon pisang yang bersusun-susun ( buahnya),30. dan naungan yang terbentang luas,31. dan air yang tercurah,32. dan buah –buahan yang banyak,33. yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya,34. dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk.35. Sesungguhnya kami menciptakan mereka ( bidadari-bidadari ) dengan langsung,36. dan kami jadikan mereka gadis gadis perawan ,37. penuh cinta lagi sebaya umurnya,38. ( kami ciptakan mereka ) untuk golongan kanan,39. ( yaitu ) segolongan besar dari orang – orang yang terdahulu,40. dan segolongan besar pula dari orang yang kemudian.41. Dan golongan kiri,siapakah goongan kiri itu.42. Dalam ( siksaan) angina yang amat panas dan air panas yang mendidih,43. dan dalam naungan asap yang hitam.44.Tidak sejuk dan tidak menyenangkan.45. Sesungguhnya mereka sebelum itu hidup bermewah- mewah.46. Dan mereka terus menerus mengerjakan dosa yang besar.47. Dan mereka selalu mengatakan ,” Apakah apabila kami mati dan menjadi tanah dan tulang belulang,apakah sesungguhnya kami benar benar akan di bangkitkan kembali?48. Apakah bapak- bapak kami yang terdahulu ( dibangkitkan pula )?”49. Katakanlah,” Sesungguhnya orang –orang yang terdahulu dan orang –orang yang kemudian ,50. benar-benar akan di kumpulkan di waktu tertentu pada hari yang di kenal.51. Kemudian sesungguhnya kamu,hai orang yang sesat lagi mendustakan,52. benar-benar akan memakan pohon zaqqum,53. dan akan memenuhi perutmu dengannya.54. Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas.55. Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum.56. Itulah hidangan untuk mereka pada hari pembalasan.”57. Kami telah menciptakan kamu ,maka mengapa kamu tidak membenarkan(hari berbangkit)? 58. Maka terangkanlah kepadaku tentang nutfah (mani/sel telur) yang kamu pancarkan.59. Kamukah yang menciptakannya atau kami-kah yang menciptakannya?60. Kami telah menentukan kematian di antara kamu dan kami sekali-kali tidak dapat di kalahkan,61. untuk mengantikan kamu dengan orang –orang yang seperti kamu ( dalam dunia) dan menciptakan kamu kelak (di akhirat) dalam keadaan yang tidak kamu ketahui.62. Dan sesungguhnya kamu telah mengetahui penciptaan yang pertama , maka mengapakah kamu tidak mengambil pelajaran ( untuk penciptaan yang ke dua)? 63. Maka terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam?64. Kamukah yang menumbuhkannya ataukah kami yang menumbuhkannya?65. Kalau kami kehendaki, benar –benar kami jadikan dia kering dan hancur ,maka jadilah kamu heran tercengang.66. ( sambil berkata),” Sesungguhnya kami benar-benar menderita kerugian,67. bahkan kami menjadi orang yang tidak dapat mendapatkan hasil apa- apa.”68. Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum.69. Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah kami yang menurunkan?70. Kalau kami kehendaki ,niscaya kami jadikan dia asin ,maka mengapakah kamu tidak bersyukur?71. Maka terangkanlah kepadku tentang api yang kamu nyalakan (dari gosokan-gosokan kayu).72. Kamukah yang menjadikan kayu itu atau kamikah yang menjadikannya?73. Kamai menjadikan api itu untuk peringatan dan bahan yang berguna bagi musafir di padang pasir.74. Maka bertasbihlah dengan (menyebut ) nama Zat Yang Maha Besar.75. Maka Aku bersumpah dengan tempat beredarnya bintang –bintang .76. Sesungguhnya sumpah itu adalah sumpah yang besar kalau kamu mengetahui,77. sesungguhnya AL-Qur”an ini adalah bacaan yang sangat mulia ,78. pada kitab yang terpelihara (lawh Mahfuz) 79. tidak menyentuhnuya kecuali hamba-hamba yang di sucikan.80. Di turunkan dari tuhan semesta alam.81. Maka apakah kamu menganggap remeh saja AL-Qur”an ini? 82. Kamu ( mengganti ) rezeki ( yang zat Maha Pemberi berikan ) dengan mendustakan ( zat penguasa semesta alam)83. Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan ,84. padahal kamu ketika itu melihat,85. dan kami lebih dekat kepadanya dari pad kamu.Tetapi kamu tidak melihat ,86. maka mengapa jika kamu tidak di kuasai ( oleh zat penguasa semesta alam ),87. kamu tidak mengembalikan nyawa itu ( kepada tempatnya) jika kamu adalah orang –orang yang benar?88. Adapun jika dia ( orang yang mati ) termasuk orang yang di dekatkan ( kepada zat penguasa semesta alam),89. maka dia memperoleh ketentraman dan rezeki serta surga kenikmatan.90. Dan adapun jika dia termasuk golongan kana,91. maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan.92. Dan adapun jika dia termasuk golongan orang yang mendustakan lagi sesat ,93. maka dia mendapat hidangan air yang mendidih,94. dan di bakar di dalam neraka.95. Sesungguhnya (yang di sebut ini) adalah suatu keyakinan yang benar.96. Maka bertasbihlah dengan (menyebut ) nama Tuhan-mu Yang Maha Besar. (Al qur”an ; surat Al – Waqi”ah ; hari kiamat ).

    semoga yang menguasai seluruh alam memberikan petunjuk kepada kita kepada jalan yang lurus yaitu jalan orang orang yang telah di berikan nikmat kepadanya.bukan jalan orang orang yang di murkai dan bukan jalan orang orang yang sesat.

    Tentunya saran masukan yang membangun sangat kami harapkan karena keterbatasan ilmu yang saya miliki terutama sifat sifat ketuhanan dari semua penganut atau keyakinan yang di miliki oleh manusia. Saya tunggu …! ? teman ,sobat, kawan, saudara., …. ? bhima134@yahoo.co.id 081372445540

  • UFOnesia Twitter

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

%d blogger menyukai ini: