Vatikan Akui Adanya ET


Vatikan Akui Adanya Alien
Patung alien yang digunakan sebagai properti dalam film Alien Autopsy.


Rabu, 14 Mei 2008 | 10:41 WIB

VATICAN CITY, RABU – Keyakinan bahwa ada kehidupan lain di luar Bumi tidak bertentangan dengan keyakinan kepada Tuhan. Demikian pernyataan Pastur Jose Gabriel Funes, Direktur Observatorium Vatikan, dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Selasa (13/5).

Menurut pastur Jesuit ini, luasnya alam semesta ini memungkinkan adanya kehidupan lain di luar Bumi, termasuk makhluk cerdas. “Bagaimana mungkin kita bisa mengabaikan adanya kehidupan di tempat lain. Karena kita menganggap makhluk di bumi sebagai saudara, mengapa kita tidak bicara juga tentang saudara di luar sana? Itu masih menjadi bagian dari penciptaan,” kata Funes.

Dalam wawancara dengan koran Vatikan, L’Osservatore Romano, Funes mengatakan bahwa pemikiran semacam itu tidak bertentangan dengan kepercayaan Kristiani karena alien juga termasuk ciptaan Tuhan. “Mengabaikan keberadaan alien sama saja dengan menetapkan batas-batas kebebasan Tuhan dalam mencipta,” katanya.

Wawancara berjudul Makhluk Angkasa Luar adalah Saudaraku itu mencakup berbagai topik, termasuk hubungan antara Gereja Katolik Roma dengan sains dan implikasi teologi terhadap eksistensi kehidupan alien. Funes mengatakan, sains, khususnya astronomi, tidak bertentangan dengan agama. Ini menyinggung sebuah tema yang pernah disampaikan Paus Benediktus XVI yang mengeksplorasi hubungan antara keyakinan dan akal sebagai aspek penting kepausannya.

Funes menambahkan, bahwa dirinya bukan buku sains dan yakin bahwa teori Big Bang adalah penjelasan yang paling masuk akal tentang penciptaan alam semesta. Teori itu mengatakan, alam semesta ini dimulai miliaran tahun lalu dengan satu ledakan dahsyat asap pekat yang terbentuk dari semua zat. “Saya tetap percaya bahwa Tuhan adalah pencipta alam semesta dan kita bukan hasil sebuah perubahan,” katanya menambahkan.

Funes mendesak gereja dan komunitas ilmuwan melupakan perpecahan akibat pengadilan terhadap Galileo 400 tahun lalu. Ia mengakan, insiden itu menorehkan luka. Pada 1633, Galileo diadili karena dianggap perpandangan keliru dan dipaksa menarik kembali teorinya bahwa Bumi bergerak mengelilingi Matahari. Ajaran yang dipercaya gereja waktu itu adalah sebaliknya, Matahari yang mengelilingi Bumi.

“Bagaimana pun gereja telah mengakui kesalahannya. Mungkin, seharusnya gereja bisa berbuat lebih baik, tetapi ini waktunya untuk mengobati luka dan ini bisa dilakukan melalui dialog dan kolaborasi yang tenang,” kata Funes.

Paus Yohanes Paulus pada 1992 menyatakan bahwa putusan terhadap Galileo itu merupakan kesalahan akibat ‘hubungan tragis yang tidak bisa dimengerti’. Observatorium Vatikan menjadi garda depan dalam upaya menjembatani kesenjangan antara agama dan sains. Para ilmuwan yang juga pastur telah menghasilkan riset-riset penting dan koleksi meteoritnya dianggap terbesar dan terbaik di dunia.

Observatorium yang didirikan Paus Leo XIII pada 1891 itu terletak di Castel Gandolfo, sebuah kota di pinggir danau di luar Roma. Di situ pula terdapat rumah peristirahatan Paus Leo. Para penelitinya juga melakukan riset di sebuah observatorium di University of Arizona di Tucson.
SAS
Sumber : KOMPAS

Comments
4 Responses to “Vatikan Akui Adanya ET”
  1. Orang Majus mengatakan:

    Seandainya Alien datang ke dunia ini, kita beritakan khabar gembira ( Injil) tentang Raja Semesta (Yesus) yang lahir menjadi manusia, mengajarkan ajaran Cinta Kasih, Kerajaan Allah, Alam pun datang menyambutnya, Contoh : Bintang terang dari Timur…….dan alam tunduk padanya, kemudian wafat dikayu salib karena kesalahan manusia dan untuk menebus dosa manusia, bangkit, dan naik ke surga. Siapa tahu mereka ada panggilan iman…tertarik…dan jadi pengikut Yesus.. GBU

  2. ekaristi mengatakan:

    Kalo alien punya dosa turunan tidak ya ?….

  3. person from vatikan mengatakan:

    HEY KAU JADIKANLAH….! DIRIMU SEPERTI YANG KAU MAU….!

  4. sofyan mengatakan:

    sungguh disayangkan ET ngk butuh juru selamat anda..ET justru punya juru selamat sendiri..dan mungkin juru selamat mereka lebih dasyat dari juru selamat yang kau punyai..mengapa demikian karena ET sangat jenius..pengetahuan ET melebihi pengetahuan juru selamat anda..liat saja penampakan yang selalu terjadi, bukankah pengetahuan mereka melebih kita..ET dengan pengetahuannya dapat menciptakan makhluk lain dengan pengetahuan kloningnya tanpa menggunakan rahim dan mungkin mereka dapat mengeluarkan makhluk baru lewat lubang hidung bukan vagina, juga dapat menghidupkan orang mati. dan justru juga dapat
    berbicara dengan segala makhluk..pokoknya ET ngk butuh juru selamat anda.

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

%d blogger menyukai ini: