Gerhana Bulan Sebagian 17-08-2008


Gerhana Bulan Sebagian 17-08-2008

Gerhana bulan Tahun ini adalah Kado buat Indonesia khususnya bagi para Astronom Amatir seperti saya ini,berhubung saya belum pernah melakukan pengamatan Gerhana ini adalah kesempatan terbaik saya untuk melakukan pengamatan.

Seminggu sebelum Gerhana,dimilis Astronomi-indonesia udah rame ngebahas masalah ini dan saya pun ikut nimbrung berharap di ajak melakukan pengamatan Bareng he he hee J.

Hari H semakin dekat dan saya semakin tak sabar menunggu Fenomena Alam ini,tak di sangka2 teman saya di Kosan yang juga seorang Sarjana Sains di bidang Astronomi ITB juga mau melakukan pengamatan di bhosca,Cocok,cocok banget akhirnya dia dateng ke kamar saya buat ngajak Ngamat malem 17san.

Sehari Sebelum Gerhana Bulan Sebagian Menggunakan Kamera Canon 400d + Binokuler.

Uhh,senengnya gak ketulungan saya langsung lompat dan siap2,pikir2 kalau gak di ajak ke bhosca mau Ngamatnya di kosan temen sih yang akses kelangitnya luas.

Ohya saya kasih sedikit tentang Gerhana Bulan Tahun ini.

Sun at Greatest Eclipse

(Geocentris Coodinates)

R.A = 09h46m37.2s

Dec = +13’24’18.2”

S.D = 00’15’47.9”

H.P = 00’00’08.7”

Ini Untuk Kordinat Matahari

Moon at Greatest Eclipse

(Geocentris Coodinates)

R.A = 21h45m41.8s

Dec = -12’55’29.3”

S.D = 00’15’21.1

H.P = 00’56’20’.6”

Untuk Bulan

Eclipse Contacts

P1 = 18:24:46 UT

U1 = 19:36:04 UT < + 7 = 01:43:11 >

U4 = 22:44:14 UT

P4 = 23:55:23 UT

Sumber : Royal Astronomical Society of Canada

Sedikit rumit emang perhitungan2 ini tapi sedikit demi sedikit saya pelajari sama teman akhirnya paham juga J

Yab,tepat jam 01:43:11 Bulan sudah masuk Penumbra atau bayangan bumi dan mulai semua mengarahkan Telescopnya kearah Bulan.

Dan saya belum sempat ngeliat Bulan di saat Penumbra karena langsung di ajak Motret di Himastron kalao gak salah namanya sama Alumni,saya dari Universitas Pasundan yang kerja di bhosca karena Skirpsinya dia ambil Astrofotografi,dia tau saya anak Unpas juga,akhir nya saya di ajak buat motret bareng sama dia J.

Tapi sempat kecewa juga karena Teropongnya gak ada dudukan buat Canon akhrinya saya pergi ke Menara Rukyat terus Motret pake Telescop Vixen Sphinx.

Mungkin hasil nya sepeti ini.

Di foto menggunakan Canon 400d dan Telescop Vixen Sphinx.

Telescop Vixen Sphinx.

Jam 3 bulan sebagian sudah masuk Umbra,Umbra adalah Bayangan Bumi paling gelap,Keren baget cuman sayang kamera saya gak sanggup nangkep Citra ini,Hasil nya Cuma segini.

Umbra Jam 3 Pagi.

Aslinya sih Sebagai bulan yang terkena Umbra itu Merah banget kaya permukaan Mars gitu deh dan puncak2 nya terjadi di jam 4 pagi sebagian terang yang terkena matahari hanya seper2 nya saja terus di jam 6 pun pengamatan masih di lakukan dan Bulan kembali ke posisi penumbra,jadi Bayangan Bumi dibulan terlihat Jelas Sekali walapun hanya menggunakan Binokuler GNU 10×50.

Saya sempat mikir Kasian juga yah para Alien yang dibulan Jadi gelap karena Bayangan Bumi dan sempat Tanya juga kalau di bumikan Manusia bilang ini sebagai Gerhana Bulan dan kalau di Bulan Para Alien sebut ini sebagai Gerhana Bumi kah..??? J ternyata engga bukan Gerhana Bumi tapi Gerhana Matahari karena Posisi Bumi menutupi cahaya dari Matahari J baru kalau diBumi ada gerhana Matahari diBulan akan menyebut nya gerhana Bumi he he heee Ribet yahh jadi Pusing hu hu huuu.

Ohyaa sempet kontek2kan juga sama temen2 di Tangerang yang melakukan Pengamatan teryata di tangerang juga dapat di lihat dengan mata telanjang Loh J

Emm satu lagi pas saya lagi motret rasi bintang Taurus saya Sempet melihat UFO loh tapi gak tau itu Satelit atau apa yang jelas dia melesat lumayan cepat ke arah Rasi Bintang Pliades dari Pusat bintang Taurus Aldebaran persisnya di Hyades tapi sayangnya baru mau mencet Shuter Objek itu sudah melesat gak kelihata Lagi mungkin ini sempat kejadian juga pas CamUfo lagi asik2 ngamatin Jupiter ada yang lewat di tengah Jupiter kalau di Ukur Nilai Besarnya kira2 Jupiternya 10 Objek tersebut emm yaa 3 deh he he hee tadi nya mau lapor ke Beta atau dipublis ke Ufonesia tapi gak usah lah biar itu jadi konsumsi saya aja hu hu huu.

Rasi Bitang Taurus.

Yuu Ah Thx Semua

Salam Irfan

Comments
One Response to “Gerhana Bulan Sebagian 17-08-2008”
  1. qwil mengatakan:

    uh mantap banget !! saya jadi tertarik pelajarin tentang antariksa dah…

    klo ad info kirim k email saya ya..
    terima kasih

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

