Hujan Meteor Eta Aquarids, Jumat ini!


Haduh haduh haduuuuh..
akhir nya setelah sekian lama ber-hibernasi dari jagat tulis menulis, baru sekarang punya semangat lagi buat update lagi blog Irfan and Friends dan UFOnesia . hu hu huuu…

The Eta Aquarids meteor shower 29-07 May

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtra buat temen-temen yang senantiasa menerima Tag dari saya dan mohon maaf bagi temen-temen yang keberatan akan Tag-tag dari saya. Di balik semua ini saya mempunyai misi mulia memberikan edukasi bagi temen-temen yang haus akan informasi, sekalipun saya masih biginner di dunia Astronomi tapi apa salah nya kita berbagi ^_^

Sepertinya saya tak perlu lagi menceritakan apa ituHujan meteor karna saya yakin kamu telah memahami devinisi nya, yang jelas sih meteor itu adalah penampakan jalur jatuhnya meteor ke atmosfer bumi, lazimnya disebut sebagai bintang jatuh. Penampakan tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan ram (RED. tekanan pada benda berkecepatan supersonic).

Menurut kabar dan perhitungan siklus, awal bulan ini akan ada Meteor Shower atau yang bisa di sebut Hujan meteor setelah kemarin lalu kita di hadirkan suguhan ke indahan Meteor Shower Lyrids dari rasi Lyra pada 15 hingga 26 April 2010 dengan puncak nya terjadi pada 22 April, ke indahan ini tercatat di Sumedang Jawa Barat yang hampir 20 Meteor perjam. Hujan Meteor Lyrids terjadi lantaran serpihan dari Komet Thatcer (C/1861 G1) yang mengorbit Matahari selama 415 tahun yang di kenal dengan nama Hujan Meteor Lyrid.

Nah, pekan ini pun kita akan menyaksikan lagi fenomena alam tersebut, namun bukan lagi dari rasi lyra tapi dari rasi aquarius yang dikenal dengan sebutan Eta Aquarids, Eta Aquarids bisa di bilang adalah fenomena hujan meteor yang kurang popiler dari rekan-rekannya, lantaran Eta Aquarids hadir pada saat fase bulan setengah 50% (saya menyebut nya fase semangka😀 ) jadi para pengamat Eta cenderung terhalang oleh sinar rembulan dan di tambah kemungkinan-kemungkinan mendung atau bahkan turun hujan pada puncaknya. Tapi menurut saya,ya ini lah tantangnya! Dimana setiap orang mengurung diri dan berselimut tebal tapi kita justru menahan rasa kantuk dan bergrigil melawan terjangan dinginnya dini hari.

Menurut beberapa sumber saya, Eta Aquarids itu di temukan atau pertama kali teramati pada tahun 1870, oleh Letnan Kolonel GL Tupman saat berlayar di Laut Mediterania, Tupman mengungkapkan melihat serangkaian Eta Aquarids pada tanggal 30 April terdapat 13 meteor pada malam 2 Mai dan 3 meteor pada malam berikut nya, maka dari keseluruhan pengamatan Tupman ada 15 meteor yang melintas pada saat itu. Lalu setelah sekian lama seseorang bernama WF Denning memeriksa kembali catatan Asosiasi meteorik Italia yang menurut catatan, Hujan Meteor Eta teridentifikasi 45 meteor terhitung mulai dari April 29 dengan 7 Mei 1870.

Bagaimana cara mengamati Eta Aquaris.

 

Bagaimana cara mengamati Eta Aquaris

 

Siapkan bandrek hangat serta sebungkus rokok plus cemilan agar tidak bosan, untuk pengamatan serius di wajib kan membawa alat perekam, seperti Camera Digital (biar mudah pengaturannya) dan Handy cam jangan lupa Tripod, kalau perlu persiapkan labtop kamu dengan menginstal Stellarium (software khusus astronomi) serta jangan lupa pula di catatat berapa penampakan setiap jam nya karena di perkirakan bakal ada seluncuran para Eta sekitar 10 sampai 40 Eta per jam. Jadi lumayan untuk sekali lagi membuktikan kekuasaan Tuhan, bukan begitu..? (^_^)

Pada saat dini hari (02:00 WIB / 07-May-2010) keluar lah dari tempat persembunyai kamu dan menghadap lah ke Timur untuk melihat para Eta berseluncur melewati bumi kita yang nota bene Eta Aquaris adalah Komet Halley yang terkenal itu, yang sempat pula di angkat ceritanya di film kecintaan kita bersama yaitu DORAEMON :p ,ada yang masih ingat..?

Oh ya, perlu di ingat Planet jupiter dan bintang Deneb, Vega serta Altair dapat teramati dengan jelas dan membentuk konfigurasi segitiga , ke tiga bintang itu biasa di sebut Summer Triangle. tidak ketinggalan Rasi Scorpio pun bisa teramati, yang memungkinkan kita bisa melihat garis susu atau pusat Tata Surya kita Milky Way/Bima Sakti

Jadi, MARI BERDOA!
Setelah kamu membaca tulisan ini alangkah baiknya dan tidak ada salahnya pula kita berdoa semoga malam nanti cerah Amiiiiiiiiiin… (^_^)

Peta Hujan Meteor Nanti.

Peta Hujan Meteor Malam Ini 07-May-2010

 

Nanti saya akan melakukan observasi pengamatan Hujan meteor, jadi saya akan terus mengupdate tulisan ini beserta laporan hasil pengamatan, hasil foto-foto tentunya ^_^

Sumber : Mutoha Arkanuddin (Pakar Astronomi)
Wikipedia.org
Meteorshowersonline.com


Selamat Berburu!
Salam Irfan

Comments
5 Responses to “Hujan Meteor Eta Aquarids, Jumat ini!”
  1. jinkomet mengatakan:

    wow, mudah2an cuaca bersahabat biar bisa melihat scr lgsg…😀
    jgn lupa kunjungan balik y di http://jinkomet. wordpress.com/
    thx

  2. toko baju online mengatakan:

    jam berapa munculnya gan??

  3. Damar Dwiyadi Pratama mengatakan:

    ane tunggu gan….

  4. tonosaur mengatakan:

    wah.. pagi ini ya..

  5. nurrahman18 mengatakan:

    waw waw waw, astronomi,pengen sekali belajar itu..tp lum kesampean

  • UFOnesia Twitter

    Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

  • KUMPULAN ARTIKEL

  • WEBSITE KAMI TELAH PINDAH!

    WEBSITE KAMI TELAH PINDAH! Kunjungi website baru kami Klik DISINI

%d blogger menyukai ini: